Jakarta (ANTARA News) - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) membangun pabrik manufaktur baru di kawasan Industri Greenland International Industrial Center, Bekasi yang merupakan pabrik pertama kendaraan mobil multiguna kecil (small MPV) Mitsubishi di dunia.

"Kami mau lebih fokus pada small MPV di Indonesia. Small MPV ini betul-betul baru, khusus didesain di Indonesia," kata CEO of Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko usai acara peletakan batu pertama di GIIC Bekasi, Jabar, Selasa.

Menurut Masuko, Small MPV 7 seater yang akan mulai diproduksi pada Agustus 2017 itu dibuat dari 65 persen komponen lokal Indonesia. Dengan produksi tahun pertama sebanyak 25.000-30.000 unit, kendaraan mobil multiguna kecil itu siap memperkuat persaingan pasar small MPV di Indonesia.

Selain itu, produksi small MPV tersebut diproyeksikan untuk diekspor ke sejumlah negara seperti Vietnam, Filipina, dan Thailand mulai tahun 2018. Selanjutnya, ekspor akan diperluas ke Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

"Kami akan mengembangkan pabrik ini agar dapat memainkan peranan penting sebagai basis produksi utama seperti pabrik kami di Thailand," ujar Masuko.

Ia meyakini bahwa pasar kendaraan mobil multiguna kecil di Indonesia akan terus berkembang seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dari 1,2 juta total penjualan kendaraan di Indonesia, sebanyak 36 persen dikuasai oleh penjualan MPV.

"Segmen Small MPV bisa terus berkembang dengan angka penjualan 600 ribu sampai 700 ribu unit," ujarnya.

Namun, Masuko belum mau menjelaskan secara detail Small MPV yang akan digadang-gadang menyaingi kelas Small MPV seperti Mobilio itu. Kendaraan mobil multiguna kecil pertama Mitsubishi yang akan dibuat dengan kapasitas 1.500 cc tersebut, akan diproduksi separuh dari total kapasitas produksi Pabrik Mitsubishi di Indonesia.

Pabrik yang akan berdiri di atas lahan 30 hektar itu rencananya memiliki kapasitas produksi sebesar 160.000 unit per tahun. Model yang akan diproduksi selaon small MPV yakni SUV terbaru Pajero Sport dan COLT L300. Masuko menjelaskan bahwa Pajero Sport juga menjadi idaman dengan penjualan 13.000 di tahun 2014 di Indonesia sehingga akan diproduksi di Pabrik Mitsubishi Indonesia untuk pasar lokal.

"Pajero Sport yang lama masih akan dipasarkan sampai akhir tahun 2015. Lalu pada 2016 akan ada model Pajero Sport baru. Setahun kemudian, pada 2017, kami akan memproduksinya di Indonesia untuk di pasarkan di pasar domestik," jelasnya.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015