Jakarta (ANTARA News) - Yamaha Mio M3 menyabet rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai "Sepeda motor matik dengan ketahanan operasional mesin secara nonstop terlama 30 hari atau 720 jam".

Uji ketahanan Mio M3 Challenge ini dilakukan selama 30 hari di masing-masing kampus peserta. Anugerah ini memecahkan rekor sebelumnya dengan waktu 14 hari atau 336 jam. Penyerahan simbolis resminya digelar di Semarang, Sabtu (28/2), yang diserahkan oleh Manager MURI Sri Widayati kepada Direktur Sales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Sutarya.

”Kami sangat bangga kreativitas Yamaha ini diapresiasi dengan rekor MURI dengan predikat tersebut. Dan bukti irit serta ketangguhan DiAsil Cylinder dan Forged Piston,” kata Asisten GM Marketing YIMM Mohammad Masykur dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dalam pembuktian ini, Mio M3 dipasang di dynotest set, lalu diikat dengan tali bertekanan setara dengan bobot 60 kg pengendara. Motor juga diberikan kipas blower sebagai analogi angin berlawanan pada saat berkendara. Rpm distel di angka 4000 setara dengan kecepatan 30 km/jam yang diukur melalui putaran roda dynotest itu.

Dalam pembuktian ini, motor telah menempuh jarak kurang lebih 21.600 km dan menghabiskan 403 liter bahan bakar, yang berarti konsumsi bahan bakar Mio M3 setara dengan 53,6 km/liter.

Daftar kampus yang disambangi adalah Institut Teknologi Nasional (ITENAS/Bandung), Institut Teknologi Medan (Medan), Universitas Kristen Duta Wacana (Yogyakarta) : 9 Januari – 8 Februari ; Universitas Udayana (Bali), Universitas Lambung Mangkurat (Banjarmasin) : 10 Januari – 9 Februari. Universitas Muhammadiyah Malang (Malang) : 15 Januari – 14 Februari ; Universitas Pancasila (Jakarta) : 16 Januari – 15 Februari ; Universitas Pakuan (Bogor), : 21 Januari – 20 Februari ; Universitas Panca Sakti (Tegal) : 21 Januari – 20 Februari ; Universitas Kristen Satya Wacana (Salatiga) : 27 Januari – 28 Februari.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015