Frankfurt (ANTARA News) - Daimler selaku induk perusahaan Mercedez-Benz mengatakan produk terbaru Mercedes-Maybach Pullman bermesin 12 silinder harganya mulai dari setengah juta euro. 

Mercedes-Maybach Pullman menurut Daimler akan jadi standar baru limusin bersupir dan dijual mulai 2016.

Reuters melaporkan April 2014 melaporkan Mercedes-Benz sedang mempersiapkan "limusin kepala negara" Pullman seharga satu juta dolar AS yang dilengkapi lapis baja.

Mobil dengan panjang 6,5 meter itu akan dipamerkan di Geneva Motor Show, dan mobil itu satu meter lebih panjang daripada Mercedes-Benz S-Class.

Pullman pertama adalah seri 600 yang diluncurkan Mercedes-Benz pada 1963. Panjangnya lebih dari enam meter dan memiliki kecepatan maksimal hingga 200 kilometer per jam.

Mobil panjang tersebut terkenal di beberapa kalangan dengan sebutan "kapal diktator" karena menjadi kendaraan dinas para pemimpin di antaranya Presiden Uganda Idi Amin dan Presiden Romania Nicolae Ceausescu.

Pullman 600 juga digunakan desainer Prancis Coco Chanel, bintang rock Elvis Presley dan sejumlah kanselir Jerman.

Pullman versi terbaru dirancang supaya tokoh penting di dalamnya bisa melakukan diskusi di mobil karena deretan kursinya berhadapan.

Mobil itu juga dilengkapi dinding berbahan kaca yang bisa diturunkan secara elektronik untuk memisahkan kabin denan supir sehingga penumpang mendapatkan privasi.

Daimler belum mengatakan jumlah kendaraan yang akan diproduksi.

Kendaraan limusin panjang sejenis adalah Lincoln Vitesse namun harganya lebih murah dan tidak memiliki tingkat kemewahan yang sama dengan Pullman.

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2015