Jakarta (ANTARA News) -  All New Mazda2 menjawab tantangan sebagai sedan hutchback yang kuat dikendarai berkeliling Jakarta selama 24 jam tanpa henti pada test drive yang dilakukan pada 4-5 Februari 2015 di Jakarta.

Pada uji jalan yang dilakukan 30 pewarta dengan cara estafet setiap empat jam menggunakan lima mobil, All New Mazda 2 terbukti tangguh sekaligus nyaman dikendarai di kemacetan dan lincah saat dipacu kencang pada lalu lintas dini hari Jakarta.

"Kami ingin mengajak setiap orang merasakan nikmat hidup yang menjadikan mobil bukan sekedar sarana transportasi. Dimana pengguna Mazda meluncur di jalan Ibukota dalam kondisi sebenarnya, menjelajahi Jakarta selama 24 jam," kata Keizo Okue selaku Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia sebelum melepas para jurnalis berkendara di Jakarta, Rabu (4/2).

Tidak hanya sekedar berkendara 24 jam, para jurnalis juga ditantang untuk menemukan 100 tempat yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta menggunakan All New Mazda2 dan dilarang mematikan mesin.

Sebanyak 100 lokasi tersebut mewakili karakter lalulintas Jakarta seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, pemukiman penduduk yang padat dan jalan bebas hambatan.

Didesain sebagai city car untuk menaklukan berbagai kondisi lalu lintas, All New Mazda2 terbukti nyaman dengan sejumlah keunggulan di dalamnya.

All New Mazda2 mengadopsi penuh Skyactiv Technology yang memberikan kenyamanan serta membuat pengendara tampil percaya diri dibalik kemudi dibantu fitur MZD Connect untuk berkomunikasi dan menikmati hiburan dengan sentral panel di sisi kiri kursi sehingga tidak mengganggu fokus berkendara.

Mesin Skyactiv-G 1.5L memberikan sensasi responsif dengan pengaturan kecepatan yang ideal sesuai dengan kemauan pengemudi sesuai konsep  "Jinba-Ittai" yang diusung Mazda yakni menyatukan pengendara dengan mobil layaknya kuda dengan penunggangnya.

"Mobil merespon keinginan pengemudi bahkan rasanya seperti mobil mengerti keinginan pengemudi sehingga berkendara menjadi menyenangkan," kata Astrid Ariani Wijana Manajer Marketing Senior PT Mazda Motor Indonesia.

Nyaman di segala medan.

ANTARA News yang berkesempatan mencicipi ketangguhan Mazda generasi keenam dapat merasakan berkendara tanpa lelah dikondisi macet maupun di jalan bebas hambatan karena ditopang Skyactiv-Drive yakni teknologi transmisi otomatis enam percepatan dengan perpindahan gigi yang halus namun responsif layaknya berkendara transmisi manual.

All New Mazda2 menggunakan fitur i-STOP (idling stop system) yang otomatis menghentikan kinerja mesin pada saat kendaraan berhenti untuk menghemat bahan bakar. Teknologi ini sangat berguna di kemacetan Jakarta karena mesin akan berhenti dan hidup secara otomatis dalam 0,35 detik setelah pedal rem dilepas atau gas dipijak.

Ketika dipacu dengan kecepatan tinggi di Tol Dalam Kota, suspensi dan handling All New Mazda2 yang menggunakan Skyactiv-Chassis dan Skyactiv-Body tetap stabil.

Di sisi lain, ketika menemui kondisi jalan berlubang sedan ini tetap memiliki "bantingan" yang empuk namun kokoh di tikungan serasa mengendarai saudara tuanya, Mazda Biante, yang kuat, stabil namun tetap gesit.

Ketika ANTARA News tanpa sengaja menghantam jalan berlubang di Kelapa Gading Jakarta Utara, handling mobil stabil dan bantingannya tetap empuk tanpa terjadi geseran kendaraan akibat efek pengereman.

Hal itu karena All New Mazda2 tidak mengesampingkan fitur keselamatan dengan dilengkapi Dynamic Stability Control (DSC) yang otomatis mengatur pengereman dan torsi mesin menggunakan Brake Assist dan Traction Control System untuk mengindari kendaraan bergeser di jalanan yang licin atau tergenang air.

Eksterior dan Interior gagah dan mewah

Tampilan All New Mazda2 dengan ukuran kaki-kaki yang besar dipadu dengan tampilan depan yang hampir menyerupai Mazda CX5 dan Mazda 6 memberikan kesan sporty dan elegan.

Di sisi lain, lekukan body yang halus memberikan kesan muda dan cantik sehingga sedan cocok untuk karakter pengemudi yang beragam.

Di sisi interior All New Mazda2 memberikan rasa mewah dengan dashboard dibalut kulit, kabin yang luas, sejumlah layar panel fitur komunikasi MZD Connect yang memungkinkan pengemudi tidak lepas dengan jaringan Internet selama berkendara.

Selain itu All New Mazda2 menerapkan konsep Heads-up Cockpit dilengkapi monitor LED navigasi, kamera, monitor AC, serta fitur untuk mengatur setelan musik sesuai jangkauan tangan tanpa mengganggu fokus berkendara.

All New Mazda2 sudah dilepas ke pasaran Indonesia sejak Desember 2014 dengan harga on the road mulai Rp218,5 juta hingga Rp276,5 juta tergantung tipe yang dipilih.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015