Jakarta (ANTARA News) - Michelin Indonesia memperkenalkan ukuran baru ban motor Pilot Street Radial untuk merespon bikers atas penggunaan radial.

Siaran pers Michelin Indonesia menyebutkan Pilot Street Radial untuk Ring 17 baru diluncurkan dengan ukuran 120/70, 150/60 dan 160/60, melengkapi varian 110/70, 130/70 & 140/70.

Country of Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia Bayu Surya Pamugar Sugeng mengemukakan perbedaan utama antara ban radial dan bias terletak pada kontruksinya.

Pada ban radial kontruksinya menggunakan lapisan serat baja, sementara ban bias memakai serat nilon.

Perbedaan kontruksi tersebut memiliki dampak yang sangat signifikan.

Pertama, saat beradu dengan jalan, dinding ban radial yang fleksibel mampu mencengkram dengan erat. Tapak ban yang lebar membuat daya cengkram semakin kuat pada sudut yang lebih kecil, terutama ketika berbelok.

Kedua, tekanan pada area kontak permukaan ban radial dengan jalan terdistribusi dengan baik, hal ini akan menghasilkan gesekan yang merata pada permukaan ban. Sehingga usia pakai bias lebih lama.

Ketiga, ban radial memberikan tingkat keamanan pada kecepatan tinggi, karena sisi ban dapat meredam tekstur permukaan jalan.

Keempat, lapisan kawat yang terjalin secara bersambung diseputar puncak terluar ban membuat ban radial saat dipacu dengan tetap stabil dan tahan lama.

Sejak dirilis  pada bulan Mei 2013, Michelin Pilot Street Radial sebagai ban Radial Single Compound telah mendapatkan respons pasar yang sangat baik.

Pilot Street Radial dirancang khusus sebagai ban harian umum untuk motor sport. Ban ini telah menggunakan polister HMLS (High Modulus Low Shringkage) sehingga menghasilkan kemampuan daya cengkram yang optimal, ketahanan ban lebih kuat dan kestabilan ban saat jalanan bergelombang maupun saat pengereman.

Bahan baku MICHELIN Pilot Street Radial mencakup 100% komponen Silica. Teknologi itulah yang membuat produk ini mampu menghasilkan grip terbaik dan  cocok untuk motor sport baik bagi aktivitas harian maupun kegiatan touring.

Michelin memasok ban kepada tim yang akan berpartisipasi pada seri MotoGP mulai tahun 2016. Sejak tahun 1976 sampai dengan 2008, Michelin turut memberikan kontribusi bagi Juara Dunia MotoGP sebanyak 26 kali dari total 33 pertandingan.

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015