Jakarta (ANTARA News) - Agen pemegang merk Mitsubishi PT  Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyatakan akan membangun pabrik baru dengan nilai investasi 600 juta dolar AS di Cikarang, Jawa Barat.

"Mitsubishi Motor akan membuat pabrik baru dengan investasi 600 juta dolar AS dan kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun, yang akan selesai pada 2017," kata Direktur Utama KTB Rizwan Alamsyah di Jakarta, Kamis.

Untuk itu, Rizwan meminta Menteri Perindustrian Saleh Husin untuk menghadiri acara peletakan batu pertama, yang akan diselenggarakan pada Maret 2015.

Menurut Rizwan, pabrik yang mulai beroperasi pada 2017 tersebut akan memproduksi mobil-mobil MPV yang saat ini digrandrungi di Indonesia, seperti Pajero dan Mirage, serta beberapa produk baru lain, yang akan segera dirilis.

"Kami akan memproduksi MPV yang kelasnya murah, kelas Rp150 jutaan, dan juga banyak produk baru yang akan diproduksi di sana, itu yang akan dibuat," ujar Rizwan.

Dengan berdirinya pabrik tersebut, lanjut Rizwan, Mitsubishi Motor siap untuk melakukan ekspor ke negara-negara Asia, Afrika maupun negara Timur Tengah lainnya.

Rizwan mengatakan,pabrik baru tersebut akan memproduksi 80 ribu unit pada tahap awal, dengan 60 ribu unit utuk pasar domestik dan 20 ribu unit untuk pasar ekspor, yakni ke negara Asia, seperti Filipina, Thailand, Vietnam dan Tiongkok.

Menurutnya, Indonesia bisa menjadi basis produksi untuk pasar di negara-negara Asia dengan kehadiran pabrik baru tersebut.

"Mungkin ini menjadi basis produksi juga untuk Mitsubishi Motor di Indonesia. Jadi kalau ada negara yang membutuhkan, ekspornya dari sini," lanjut Rizwan.

Saat ini, Mitsubishi Motor memiliki pabrik dengan kapasitas 150 ribu unit per tahun, dengan berdirinya pabrik baru tersebut, maka total kapasitasnya menjadi dua kali lipat lebih besar, yakni 300 ribu unit per tahun.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015