Detroit, AS (ANTARA News) - Pabrikan otomotif Jerman, Volkswagen, menyatakan angka penjualan global mereka pada Desember 2014 meningkat sebesar 2,7 persen menjadi 881.000 unit disokong pertumbuhan pesat penjualan multi-merek VW di Tiongkok dan Eropa yang menutupi penurunan penjualan di AS dan Amerika Latin.

VW, yang memiliki sejumlah merek termasuk Audi di kelas mewah dan Porsche di kelas mobil sport, mencapai peningkatan pengapalan sepanjang 2014 sebesar 4,2 persen menjadi 10,14 juta unit mobil, sekaligus memenuhi target empat tahun lebih awal dibandingkan yang ditetapkan pada 2007 lalu.

Total penjualan tersebut meliputi mobil penumpang, kendaraan SUV, van komersil ringan dan truk berat.

VW menyatakan peningkatan penjualan mereka sebesar 12 persen di Tiongkok dan 5,1 persen di Eropa secara signifikan menutupi penurunan penjualan 2 persen di AS dan 20 persen di Amerika Latin.

Grup otomotif terbesar di Eropa itu sebelumnya sudah melampaui General Motors pada 2013 untuk menjadi produsen mobil terbesar nomor dua dunia di belakang Toyota, dan perusahaan Jerman itu bertekad untuk menggusur pesaing Jepang mereka tersebut dari singgasana selambat-lambatnya 2018.

Perusahaan yang bermarkas di Wolfsburg itu mengalihkan konsentrasi mereka untuk mengejar keuntungan setelah target penjualan jangka panjang mereka tercapai.

VW berupaya untuk memotong ongkos produksi merek-merek kendaraan penumpang mereka sebesar 5 miliar euro pada 2017 dan berencana untuk menyuntik lebih banyak dukungan ke pos-pos regional mereka di pasar semacam AS dan Brazil, demikian Reuters.
Penerjemah: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2015