New York (ANTARA News) - Tahun baru bagi General Motors tidak terlalu meriah sebab mereka harus mengumumkan penarikan tiga mobil pada Kamis waktu setempat akibat masalah kontak starter yang terus menghantui pabrikan itu setelah jutaan unit juga sebelumnya sudah ditarik pada 2014.

Sebetulnya belum ada laporan kecelakaan maupun cedera terkait dengan penarikan 83.572 unit SUV dan truk pickup mereka, namun GM memperkirakan kurang dari 500 unit terdampak kecacatan produksi, yakni aktuator kunci starter dengan diameter luar yang melebihi spesifikasi.

Pun demikian, masalah ini tak ayal menghantui para konsumen dan tentunya investor.

Permasalahan sistem starter juga berada di balik penarikan besar-besaran pada 2014 oleh GM, yang tertatih-tatih membangun kembali reputasi mereka setelah kebangkrutan pada 2009.

Penarikan kendaraan itu menghantam harga saham GM, yang jatuh 14,6 persen selama 2014, sementara pesaing mereka Ford Motor justru mengalami kenaikan 0,5 persen.

GM menarik lebih dari 2,5 juta unit pada 2014 setelah sejumlah kecelakaan yang menewaskan sedikitnya 40 nyawa. Program kompensisasi yang menerima klaim hingga 31 Januari telah mencatat pengajuan lebih dari 2.200 klaim untuk cedera dan kematian akibat malfungsi produk itu.

Untuk penarikan kali ini, aktuator luar starter dapat membuat kunci tertahan pada posisi "start". Apabila kendaraan dikemudikan dalam keadaan tersebut dan mengalami "keadaan gelegar signifikan" maka kunci starter dapat berubah ke posisi "aksesoris" yang berdampak terhadap kerja daya mesin, kemudi dan rem.

"Selain itu, perubahan posisi menjadi fungsi aksesoris dapat mempengaruhi kerja pemindai kecelakaan yang akibatnya dapat membuat air bags tidak keluar saat terjadi kecelakaan," kata juru bicara perusahaan Alan Alder dalam sebauh pernyataan.

Masalah terbaru itu ditemukan berdasar hasil kajian internal menyusul pengembalian berdasar garansi, dan meliputi sejumlah kendaraan seperti pickup Chevrolet Silverado light-duty dan heavy duty, juga Avalanche, Tahoe dan Suburban. Kemudian pickup GMC Sierra light-duty dan heavy-duty, Yukon dan Yukon XL serta Cadillac Escalade, Escalade ESV dan Escalade EXT.

Masalah tersebut terdapat pada mobil produksi 2011 dan 2012 serta produksi 200-2014 yang telah direparasi menggunakan komponen yang cacat.

Penarikan kedua meliputi kerusakan klem selang pada 56 unit Chevrolet Silverado dan GMC Sierra HD truk pickup dari model tahun 2015.

Kemudian penarikan ketiga meliputi 152 unit Chevrolet Silverado 2015 dan 1.500 truk pickup GMC terkait masalah poros as roda belakang yang bisa patah saat kendaraan dikemudikan, demikian Reuters.
Penerjemah: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2015