Makassar (ANTARA News) - Pebalap Subhan Aksa berbagai tips menghemat konsumsi bahan bakar dalam berkendaraan disela-sela acara Mitsubishi Mirage Eco Fun Drive di Makassar, Minggu, yang diikuti 30 konsumen.

Menurut Subhan, tips dasar paling penting kalau mau irit bensin yaitu dipengaruhi dari cara mengemudinya.

"Kalau cara mengemudinya, agresif pengaruh ke bahan bakar. Menyetirnya harus lebih kalem," kata Subhan yang juga CE Group Automotive Bosowa itu di dealer PT. Bosowa Berlian Motor, Makassar, Minggu.

Ia menambahkan, pengemudi sebaiknya tidak mengerem secara mendadak.

"Setiap mengerem, otomatis setelah itu mencoba pick up gas lagi, butuh tenaga lebih besar untuk ambil kecepatan lagi, Kurangi akselerasi rem mendadak," jelasnya.

Ia juga menyarankan untuk pengemudi yang sering terjebak macet di jalan agar lebih banyak mengalah dalam mengemudi.

"Seperti kalau macet di Jakarta, pasti menyetirnya tidak sabar, sedikit-sedikit terus maju. Kalau mengalah bisa lebih irit," ujar Subhan.

Sementara terkait bahan bakar, Subhan mengungkapkan bahwa kualitas bahan bakar akan mempengaruhi pembakaran mesin yang selanjutnya berpengaruh pada kinerja mesin.

"Kalau pemilihan bakar bukan soal iritnya, tetapi berpengaruh pada pembakaran mesin. Kinerja mesin lebih awet, otomatis jangka panjang lebih efektif," ungkap Subhan yang menambahkan bahwa kualitas bahan bakar non-subsidi jauh lebih baik bagi mesin daripada bahan bakar subsidi.
Pewarta:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014