Jakarta (ANTARA News) - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, kembali menguji kehematan konsumsi bahan bakar city car andalannya, Mitsubishi Mirage.

Dalam "Mirage Eco Fun Drive II" di Jakarta, Minggu, Mitsubishi Mirage mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata (average fuel consumption) terbaik 19,87 km/liter untuk transmisi manual dan 21,83 km/liter untuk matik.

Tingkat konsumsi bahan bakar rata-rata terbaik untuk tipe matik diraih Budi Heryanto, sedangkan untuk tipe transmisi manual itu diraih oleh Ilmi Dimas Rahma Perdana.

Juara kedua dan ketiga Mirage Eco Fun Drive II untuk tipe manual diperoleh nomor peserta 205 dan 105 dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 19,80 km/liter serta 18,50 km/liter.

Untuk kategori matik, juara dua dan tiga diraih nomor peserta 424 dan 305 dengan catatan konsumsi bahan bakar pada MID 19,40 km/liter dan 17,97 km/liter.

Juara pertama "Mirage Eco Fun Drive II" tipe manual, Ilmi Dimas Rahma Perdana, mengutarakan beberapa trik kenapa dirinya bisa mencatatkan waktu terbaik.

Dimas mengatakan telah mengatur AC Mirage dalam suhu yang tidak terlalu dingin tapi tetap sejuk, berkendara dalam kecepatan konstan, dan selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depannya untuk menghindari lebih banyak stop and go (berhenti dan jalan).

Dalam keseharian, Dimas yang pemilik Mitsubishi Mirage sejak lama itu mengaku tunggangannya itu mengonsumsi bahan bakar rata-rata 15 km/liter dengan pengendaraan wajar di Kota Jakarta.

Pada "Mirage Eco Fun Drive II" kali ini, KTB melibatkan lebih dari 80 unit Mitsubishi Mirage dengan peserta para keluarga pemilik Mirage, media massa, dan pereli Rifat Sungkar.

Ajang tersebut peserta mengambil start dari kantor KTB di Pulomas, Jakarta Timur, dan berkendara mengelilingi Jakarta dengan melewati lima check point yaitu Menara Syahbandar, Museum Bank Indonesia, Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan Museum Satria Mandala.

Pada masing-masing check point, tingkat konsumsi bahan bakar pada MID dicatat dan kemudian dijumlahkan serta dibagi lima untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar rata-rata.

Sebelumnya, KTB sudah beberapa kali menggelar pengujian serupa untuk Mitsubishi Mirage, yakni pada Oktober 2015 dengan pencapaian terbaik yaitu sebesar 18,47 km/liter untuk Manual Transmission dan 16,71 km/liter untuk CVT (Automatic Transmission) dalam kondisi terberat (4 penumpang + barang, lebih dari 150km dengan berbagai road pattern, 6 jam perjalanan serta kondisi lalu lintas yang macet dan kurang bersahabat).

Kemudian pada 5 Desember 2012 di sirkuit Bridgestone Proving Ground, Karawang dengan hasil 27.0 km/liter untuk manual dan 25.30 km/liter untuk CVT.

Pada 9 - 12 Desember 2012 pereli legendaris Rally Dakar, Hiroshi Masuoka, mampu mencatatkan tingkat konsumsi bahan bakar terbaik 24.20 km/liter untuk manual dan 19.23 km/liter untuk CVT.

Kemudian pada 10 Maret 2013 dengan melibatkan pereli, rekan media, juga konsumen Mitsubishi Mirage dengan perhitungan berdasarkan Multi Information Display (MID) dihasilkan 27,0 km/liter untuk matik dan 25,2 km/liter untuk manual.
Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014