Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor menjajaki kemungkinan ekspor sepeda motor dari pabrik baru di Karawang, Jawa Barat.

"Kami ingin membuat kontribusi lebih nyata dengan menjajaki kemungkinan ekspor produk sepeda motor yang diproduksi di pabrik baru ini," kata Executive Vice President Director AHM Johannes Loman, melalui keterangan pers yang diterima Antara, Sabtu.

Ia mengharapkan rencana ekspor tersebut bisa direalisasi tahun depan. Sayangnya Loman tidak menyebutkan model sepeda motor yang akan diekspor tersebut. Selama ini AHM melalui pabriknya di Sunter dan Pegangsangan (Jakarta) serta Cikarang (Jawa Barat) memproduksi banyak model sepeda motor antara lain Honda New Revo FI, Honda Blade 125 FI, Honda Supra Series, Honda Vario 125 series, Honda Vario FI, The All New Honda BeAT FI, Honda New Scoopy FI, Honda Spacy Helm-In PGM FI dan New Honda MegaPro FI.

Selain itu memproduksi dan memasarkan model-model tersebut, AHM juga memasarkan Honda PCX 150, Honda Verza 150, Honda CB150R StreetFire, Honda All New CBR150R, Honda CBR250R.

Loman mengungkapkan pabrik baru yang dikunjungi Menperin Saleh Husin, Jumat (21/11) tersebut mengimplementasikan konsep green company.

Pabrik baru tersebut akan menggunakan bahan baku ramah lingkungan dan mulai memanfaatkan sumber daya alam seperti pembangkit listrik tenaga surya. Untuk pembangunannya, perusahaan patungan PT Astra Internasional Tbk (50 persen) dan Honda Motor Co (50 persen) itu telah menanamkan modal sebesar Rp3,3 triliun.

Loman mengungkapkan pabrik baru yang rencananya akan diresmikan Desember 2014 itu memiliki kapasitas produksi 1,1 juta unit/tahun dan menyerap lebih dari 3.000 tenaga kerja baru. Dengan pabrik baru itu, lanjut dia, kapasitas produksi AHM akan meningkat menjadi 5,3 juta unit/tahun.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014