Jakarta (ANTARA News) - Chevrolet hari ini meluncurkan mobil konsep Chaparral 2X VGT, sebuah kendaraan yang didesain khusus untuk para penggemar permainan di Play Station 3, Gran Turismo 6.

Mobil konsep Chaparral 2X VGT terinspirasi oleh mobil balap Chaparral Racing, hasil kerjasama dengan Chevrolet selama lebih dari 45 tahun, kata produsen Chevrolet, General Motor, dalam siaran persnya, Jumat.

Pengembangan ini merupakan bagian dari proyek Vision Grand Turismo untuk menunjukkan desain serta inovasi masa depan dalam dunia otomotif, kata Chevrolet.

Para gamer dapat memainkan Chevrolet Chaparral pada musim liburan ini dengan mengunduh Gran Turismo 6 secara online, edisi terkini dari game yang paling laris dengan penjualan lebih dari 70 juta copy secara global sejak diperkenalkan 1998.

"Mobil konsep Chevrolet Chaparral menjadi visi ambisius serta menunjukkan bagaimana tim pengembangan dan desain mampu mengolah lebih jauh teknologi masa depan," ujar Ed Welburn, Vice President GM Global Design.

"Hal ini juga menjadi landasan kerjasama yang unik dengan menghadirkan teknologi yang ada dalam permainan ke dunia nyata."

Chaparral Racing telah menjalin kerjasama dengan Divisi Pengembangan dan Riset Chevrolet selama lebih dari 45 tahun, mengadopsi metode terkini serta bahan-bahan yang biasa digunakan dalam balapan dan produksi kendaraan, termasuk merakit rangka monokok terbuat dari komposit, sistem penggerak terbuat dari bahan alloy ringan, transmisi otomotif mobil balap dan aerodinamika mobil.

Kemitraan ini juga memungkinkan pengayaan data dan teknologi. Chevrolet terus menggunakan program balap untuk menjajal serta mengembangkan teknologi serta material kendaraannya.

Chevrolet Chaparral 2X VGT menggabungkan inovasi ke dalam visi masa depan sebuah kendaraan balap dengan desain yang cukup radikal serta sistem propulsi berbasis laser.

"Seperti desain mobil balap Chaparral beberapa dekade lalu, Chaparral 3X VGT memiliki desain yang cukup aerodinamis untuk mendapatkan performa terbaiknya," ujar Frank Saucedo, pengawas tim pengerjaan mobil ini.

Sistem propulsi mobil balap konsep Chaparral 2X VGT terinsipirasi oleh teknologi yang biasa digunakan oleh kendaraan luar angkasa serta desain pesawat masa depan.

Mobil tersebut menyematkan fitur mid-mounted laser, sistem propulsi yang menciptakan gelombang kejut yang menghasilkan dorongan yang luar biasa dalam mobil balap ringan.

Dengan laser 180 kilowatt, ditenagai oleh baterai litium, dan generator bertenaga udara untuk menghasilkan daya dorong, Chaparral 2X VGT mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 240 mil/jam seperti dalam permainan hanya dalam waktu 2.9 detik.

Letak sistem propulsi dalam rangka dari bahan komposit melengkapi sebuah konfigurasi yang tidak biasa namun sangat aktif, menghadap ke bawah dengan lengan dan kaki pengemudi terentang ke roda.

Bahkan, sistem propulsi mobil dan sistem suspensi mobil balap ini memang ditempatkan di sekitar pengemudi yang disesuaikan dengan aerodinamika si pengemudi.

"Anggap saja seperti mengadaptasi setelan sayap untuk mobil balap dimana gerakan pengemudi mengontrol aspek-aspek aerodinamis," kata Saudeco.

Aerodinamika pengemudi yang dapat disesuaikan mengurangi kebutuhan seperti sayap konvensional dan perangkat aerodinamika yang biasa digunakan untuk menghasilkan Grip-enhancing Downforce, sebuah atribut yang membantu meminimalisasi massa keseluruhan dari struktur minimalis dari Chaparral 2X VGT.

Hanya elemen penting yang berada di bagian depan sementara instrumen lain diproyeksikan ke kaca helm si pengemudi.

Sebagai tambahan, komponen rangka yang ringan mengurangi berat pada mobil balap, memungkinkan mobil memiliki daya cengkram saat menikung dengan jejak ban yang relatif kecil.

Mobil ini menggunakan ban depan ukuran 20 inci dan ban belakang ukuran 24 inci yang terbungkus dengan ban balap.

"Mobil-mobil balap Chaparral dan metodenya dipandang asing dalam empat dekade lalu dan mobil konsep Chevrolet Chaparral 2X VGT mungkin saja menjadi sebuah pelopor motor sport untuk empat dekade kedepan," kata Saudeco.

Pabrikan lain telah mengembangkan mobil balap konsep untuk Vision Gran Turismo, tetapi hanya Chevrolet yang mengubahnya dari dunia digital ke dalam fisik kendaraan konsep, katanya.

Mobil balap konsep Chevrolet Chaparral 2X VGT saat ini dipamerkan di Los Angeles Auto Show hingga 30 November 2014.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014