Surabaya (ANTARA News) - Yayasan Toyota & Astra (YTA) bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyelenggarakan sarasehan nasional bertema "Meningkatkan Kemampuan Rekayasa Anak Bangsa" bertempat di kampus ITS – Surabaya, Selasa.

Siaran pers PT.Toyota Motor Manufacturing Indonesia menyebutkan pembicara dalam sarasehan yaitu Direktur Jenderal Kerjasama Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana, Mantan Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Indonesia Bersatu II Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA., Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Dr. Ir. A. Hermanto Dardak, M.Sc., IPU., Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Dr. Ninok Leksono, dan Direktur Korporat dan Hubungan Eksternal PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Ir. I Made Dana Tangkas.

Made Dana mengakui, pada dunia industri saat ini tidak terkecuali di sektor otomotif terjadi gap yang besar antara jumlah dan kualitas para lulusan universitas dengan kebutuhan akan tenaga-tenaga yang trampil dan kompeten, terutama di bidang engineering.

Situasi ini sangat tidak menguntungkan bagi Indonesia, karena dengan diberlakukannya MEA pada 2015, potensi masuknya SDM dari negara lain akan membesar.

Menurut data PII,sampai 2013 lalu jumlah insinyur di Indonesia baru mencapai sekitar 700.000 orang masih jauh di bawah angka kebutuhan sebesar 1,5 juta orang.

Dari jumlah yang ada itu, yang benar-benar profesional dan bergiat dalam dunia engineering hanya sekitar 9.500 orang.

“Jadi kita benar-benar harus all out untuk meningkatkan jumlah maupun kualitas di bidang engineering ini,” kata Made.

Toyota Indonesia, baik PT TMMIN maupun PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui Yayasan Toyota & Astra pada tahun ajaran ini memberikan beasiswa kepada 25 mahasiswa ITS dengan total nilai finansial sebesar Rp 180 juta.

Hingga akhir 2013 lalu, terdapat lebih dari 70.000 siswa SD/SMP/SMA serta lebih dari 17.000 mahasiswa (terutama jurusan teknik) yang telah menerima beasiswa YTA.

YTA juga telah menyumbangkan lebih dari 60.000 buku Otomotif; lebih dari 2.000 wallcharts; serta lebih dari 300 engine assy sebagai alat peraga di SMK rumpun otomotif.

Pada saresehan di ITS tersebut, Toyota Indonesia secara simbolis menyerahkan donasi 1 unit mobil Toyota Fortuner kepada Fakultas Teknik ITS.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014