Gorontalo (ANTARA News) - PT Kramat Yudha Tiga Berlian Motors (KYB) akan meluncurkan mobil penumpang jenis MPV ukuran kecil dengan produksi sekitar 80 ribu unit pada 2017.

"Nantinya Indonesia akan menjadi basis produksi MPV ukuran kecil," kata Executive General Manager Marketing PT KYB Kosei Tamaki di Gorontalo, Rabu.

Tamaki mengatakan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan menanam investasi sebesar 600 juta Dolar AS di Indonesia.

Hal itu untuk membangun pabrik baru sebagai penunjang pengembangan produk mobil Mitsubishi di Indonesia.

Pada tahap pertama, Tamaki menuturkan pabrik itu akan memasarkan 60 persen produk di Indonesia dan 40 persen ekspor di negara kawasan Asia Tenggara.

Pihak Mitsubishi menilai Indonesia merupakan negara potensial sebagai pangsa pasar pengembangan mobil jenis MPV berukuran kecil.

Penduduk di Indonesia mencapai lebih dari 250 juta jiwa sebagai pangsa pasar yang menjanjikan bagi kendaraan penumpang maupun komersial.

Menurut Tamaki, jenis mobil MPV cukup berkembang pesat di Indonesia karena karakter masyarakat yang lebih memilih jenis kendaraan keluarga itu.

Selain itu juga telah terjadi pergeseran daya tarik kaum muda terhadap mobil jenis MPV.

Passenger Car and Light Commercial Vehicle Department Head MMC Imam Cahya menambahkan potensi pasar MPV berukuran kecil cukup menggiurkan.

Imam menyebutkan pelaku industri otomotif lain juga telah mengembangkan jenis mobil keluarga tersebut.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014