Jakarta (ANTARA News) – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memperkenalkan teknologi terbaru Blue Core Engine untuk sepeda motor pabrikannya yang diklaim membuat motor menjadi lebih efisien, bertenaga dan handal.

"Blue Core adalah ide pengembangan generasi terbaru berdimensi tinggi yang selama ini belum pernah ada yang lebih ramah lingkungan dan nyaman serta irit bahan bakar," kata General Manager SC Departemen Model PF Yamaha Motor Jepang Takuya Kinoshita dalam Indonesia Motorcycle Show di Jakarta, Rabu.

Melalui teknologi tersebut, lanjut Takuya, bahan bakar akan menjadi lebih irit hingga 50 persen dibanding dengan mesin motor berkarburator.

Walau konsumsi bahan bakar irit, dapur pacu akan tetap bertenaga dan handal serta tahan lama.

"Inovasi terbaru Yamaha ini akan diterapkan pada motor yang akan diluncurkan dalam waktu dekat,” kata Asisten GM PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Mohammad Masykur.

Masykur menjelaskan proses pembakaran dalam Blue Core akan lebih sempurna sehingga penggunaan bahan bakar lebih hemat.

Dia mengemukakan suhu mesin akan lebih terjaga dan stabil karena didukung perfoma mesin dengan sistem rendah gesekan yang mengurani kehilangan tenaga berlebih.

Sepeda motor Yamaha yang dilengkapi teknologi tersebut adalah Nozza Grande yang dipasarkan di Vietnam dan Grand Filano di Thailand.

Setelah dilakukan uji coba Perfoma Fuel Injection, kedua sepeda motor tersebut berhasil mencapai target improvement 50 persen yang irit bahan bakar.

Hingga saat inim Yamaha masih mengembangkan model terbaru untuk mesin berteknologi tinggi tersebut yang nantinya akan dipasarkan di Indonesia.

"Dalam jangka waktu dekat, akan ada rencana untuk diapliaksikan di model baru, mesin juga akan di-setting dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan di Indonesia," tambah Takuya.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014