Pekanbaru (ANTARA News) - Mitsubishi Delica menunjukkan keunggulannya sebagai mobil MPV yang bisa diandalkan di jalan semi offroad.

Pada media test drive bersama pereli nasional Rifat Sungkar, Mitsubishi Delica menjajal rute Padang-Bukittinggi-Pekanbaru yang memiliki beragam jenis medan yang harus ditempuh, mulai dari jalan pegunungan menanjak dan menurun, jalan perkotaan hingga semi-off road pinggir kota.

Saat melewati rute yang cukup ekstrem dengan jalan berliku serta turunan dan tanjakan yang tajam, ANTARA News yang berkesempatan mengikuti media test drive, merasakan kenyamanan menggunakan Delica.

Tidak hanya memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya sehingga dapat melewati segala medan, Delica sebagai kendaraan penumpang bisa tetap agresif di jalan ekstrem.

Rifat Sungkar yang ikut konvoi mengatakan dua pilihan di bagian transimisi D dan Ds (sport and slope) di Delica menjadi keunggulan dari mobil dengan kapasitas mesin MIVEC 2.000 CC.

"Delica memberi konsep kenyamanan di transmisi D tanpa ada getaran dan lebih ekonomis. Di sini, saat gigi dinaikkan dan diturunkan, responnya memang tidak cepat, setiap oper ada jeda waktu agar penumpang tidak terhentak ke belakang," jelas Rifat.

Menurut Rifat, transimisi D cocok digunakan di jalan perkotaan. Namun, Delica langsung berubah agresif.

Kenyamanan tetap terasa di kabin saat melewati turunan dan tanjakan berkelok-kelok dengan radius pendek-pendek. Terutama ketika melewati area Padang Panjang dan Solok Bukittinggi serta saat menuju Pekanbaru melewati rute Lembah Harau dan Kelok Sembilan.

"Ketika mode DS dipasang, mobil ini akan berubah karakter, transimisi lebih cepat dan agresif. Transmisi Ds ini mempertahankan rpm tinggi, ketika Ds dipasang, baik putaran naik dan turun mempertahankan di gigi yang sama," jelasnya.

Tidak hanya nyaman, namun saat turunan tajam pengemudi tidak harus langsung mengontrol kecepatan dengan rem kaki karena dengan transimi Ds maka beban kecepatan, kendaraan, dan seberapa tajam turunan sudah ditanggung. "Kalau biasanya mobil pakai rem kaki saja saat turunan, saat sampai titik didih maka kinerja rem akan berkurang," tuturnya.

Delica dilengkapi dengan tujuh bangku yang terbagi dalam tiga baris. Pada baris ketiga, bantingan bisa diredam karena sistem suspensi multilink yang dimiliki Delica. Sehingga, Delica juga memberi kenyamanan di kursi penumpang meskipun harus melewati jalan berkelok dengan radius pendek ditambah tanjakan maupun turunan.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014