Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil menjual sedikitnya 478 unit kendaraan hingga hari ke-10 pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JI Expo Kemayoran, 18-28 September.

Jumlah tersebut belum terhitung transaksi penjualan yang dilakukan pada hari terakhir pelaksanaan IIMS, Minggu, yang menurut Kepala Divisi Pemasaran Domestik ADM, Rokky Irvayandi,diperkirakan bakal menembus angka 550 unit.

"Tahun ini penjualan kami sudah mencapai 478 unit di sisa satu hari terakhir IIMS.

"Sebagaimana kami sebutkan di awal kami tidak menargetkan penjualan secara spesifik, tetapi perkiraan kami transaksi sebanyak 450 unit, jadi sudah melampaui itu," kata Rokky di sela-sela IIMS, Minggu.

Untuk 478 unit kendaraan yang sudah terjual hingga hari ke-10 pameran, mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Ayla berkontribusi sebanyak 32 persen terhadap total penjualan atau terjual sebanyak 154 unit.

Xenia memberikan kontribusi penjualan 24 persen terhadap total penjualan selama IIMS, atau sebanyak 113 unit.

Terios yang menyumbangkan 15 persen kontribusi atau terjual 73 unit, serta Sirion dan Luxio yang sama-sama membukukan penjualan 15 unit atau 3 persen total penjualan.

Selain kendaraan penumpang, Daihatsu juga mendapatkan kontribusi berarti dari nomor kendaraan niaga melalui Gran Max Pick Up dan Minibus yang secara keseluruhan terjual 108 unit atau 23 persen total penjualan.

Rata-rata penjualan kendaraan penumpang yang lebih tinggi dibandingkan kendaraan niaga, kata Rokky merupakan ciri yang mewakili ajang IIMS.

"Kalau di nasional, GranMax secara keseluruhan baik yang Pick Up dan Minibus penjualannya jauh lebih banyak ketimbang Xenia, 34 banding 27 persen.

"Tapi IIMS ini ajangnya kendaraan penumpang, makanya Ayla dan Xenia lebih banyak penjualannya," kata Rokky.
Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014