Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Daihatsu motors akan melanjutkan seri petualangan Terios 7 Wonders yang akan memasuki tahun ketiga dengan destinasi Pulau Sulawesi, bertajuk "Terios 7 Wonders Amazing Celebes Heritage".

"Untuk tahun ini kami akan membuktikan ketangguhan Terios sembari menikmati keindahan alam dan budaya asli Sulawesi," kata anggota Departemen Promosi PT ADM, David Setiawan, di sela-sela berlangsungnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu.

Rombongan terdiri dari 13 peserta yang melibatkan pula media dan travel-blogger dengan menggunakan tujuh unit Terios TX, terdiri atas lima Terios TX MT serta dua Terios TX AT.

Mereka dijadwalkan akan melakoni perjalanan sepanjang 2.800 km dengan rute Manado-Wakatobi yang memakan waktu kurang lebih 11 hari selama 2-12 Oktober.

Rombongan dijadwalkan melewati tujuh etape, yakni Etape 1 dari Manado ke Tompaso, sembari mempelajari cara memainkan alat musik tiup bambu khas daerah setempat.

Kemudian dilanjutkan dengan Etape 2 dari Tompaso ke Torosiaje dengan sisipan pengalaman berbaur bersama masyarakat merasakan kehidupan perkampungan di atas laut.

Etape 3 rombongan akan berjalan dari Torosiaje ke Polewali Mandar, sembari menyempatkan singgah ke desa sentra pengrajin Kain Mandar.

Pelaksanaan yang beririsan dengan jatuhnya Hari Raya Idul Adha 1435 H, memberikan kesempatan rombongan untuk menyerahkan tujuh ekor kambing sebagai hewan qurban, selama melakoni Etape 4 dari Polewali Mandar ke Pare Pare, sebelum melanjutkan perjalanan ke Rantepao dan berinteraksi dengan masyarakat Toraja.

Pada Etape 5 rombongan akan melakukan perjalanan dari Rantepao ke Bukukumba dan dijadwalkan mengeksplorasi desa lokasi pengrajin kapal phinisi.

Selanjutnya pada Etape 6 rombongan bertolak dari Bulukumba menuju Kajang sembari mengenal kehidupan Suku Pedalaman Kajang.

Etape pamungkas ialah dari Kajang ke Kendari dengan sisipan pengalaman mempelajari Tari Malulo, penanaman pohon serta mengakhiri perjalanan panjang dengan kegiatan eksplorasi keindahan alam dan budaya di Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

David menuturkan rencananya untuk seri lanjutan tahun 2015, Terios 7 Wonders, akan menyambangi Kalimantan.

Sebelumnya, pada pelaksanaan perdana 2012 silam, Terios 7 Wonders, melakoni perjalanan dari Jakarta menuju Sabang, Aceh sejauh 3.657 km.

Sedangkan 2013 lalu perjalanan dilakukan dari Jakarta hingga ke Pulau Komodo dengan jarak tempuh sejauh 3.012 km.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014