Jakarta (ANTARA News) - Tata Motors, pabrikan mobil asal India, menyatakan siap memproduksi kendaraan-kendaraan berbahan bakar CNG jika pemerintah Indonesia menghendakinya dan infrastuktur mendukung.

Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia Biswadev Sengupta mengatakan pihaknya siap meluncurkan dan memasarkan berbagai jenis kendaraan yang menggunakan mesin CNG jika infrastruktur di Indonesia telah siap, terutama fasilitas tempat pengisian BBG.

"Saat ini penyediaan BBG berupa CNG baru ada di sekitaran Jakarta saja, jadi agak menyulitkan konsumen kami nantinya," kata Biswadev kepada ANTARA News di Jakarta, Selasa.

Biswadev mencontohkan, di India misalnya, pemerintah setempat telah menetapkan bahwa kendaraan harus menggunakan BBG sehingga pihaknya sebagai perusahaan mobil secara otomatis memproduksi kendaraan dengan instalasi CNG.

"Jadi, untuk perusahaan mobil lain, biasanya memproduksi mobil secara standar, lalu bekerja sama dengan vendor tertentu dalam menambah instalasi CNG, berbeda halnya dengan Tata Motors, kami memproduksi mobil yang dilengkapi CNG dari pabrik kami," ujarnya.

Menurutnya, dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 kali ini, pihaknya telah memberikan contoh kepada masyarakat Indonesia salah satu mobil yang menggunakan instalasi CNG.

"Tata XenonRX pick up merupakan salah satu produksi mobil Tata Motors yang menggunakan CNG untuk bahan bakarnya, mobil ini belum kami launching atau luncurkan di Indonesia mengingat penyediaan BBG di stasiun bahan bakar  belum merata," katanya.

Dia menambahkan, ketika Indonesia siap dengan BBG maka pihaknya juga akan siap dengan mobil-mobil ber-CNG.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014