Jakarta (ANTARANews) - Sedan Toyota Vios dengan aksesoris sporty TRD Sportivo hanya ada di Indonesia dan Thailand.

"Review model (aksesoris) TRD-nya bareng antara Indonesia dan Thailand," kata Kepala Desainer PT Toyota Astra Motor (TAM) Donny Adhi Yuwono, peluncuran Vios TRD Sportivo di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, di Jakarta, Senin.

Tim desain membuat garis "sporty look" yang mengalir dari bagian radiator ke belakang untuk memberi kesan kekuatan dan kecepatan.

Desain aksesoris TRD (Toyota Racing Development) Sportivo yang disematkan pada sedan kecil (entry sedan) itu, diakuinya, tetap harus mendapat persetujuan dari Toyota Motor Corporation.

"Semua part (aksesoris) diuji di sana (TMC)," kata Donny.

Pengujian yang dilakukan antara lain terkait ketahanan komponen tersebut di kondisi jalanan kasar, dan pemakaian selama 5.000 km.

"Selain itu ada batasan dari TMC bahwa penambahan aksesoris tidak boleh lebih dari dua kilogram," katanya.

TAM, kata dia, menjamin ketersediaan komponen TRD Sportivo hingga 10 tahun ke depan.

TRD adalah salah satu divisi dari Toyota Technocraft Co Ltd, Jepang, yang awqalnya mengembangkan dan memasarkan suku cadang otomotif sport, dan secara khusus mengembangkan spek untuk Toyota.

Namun secara bertahap, TRD menjadi salah satu brand yang menawarkan produk dengan kualitas yang dapat dipercaya bagi Toyota Motor Sport. "Di Indonesia TRD secara resmi masuk tahun 2012," kata Donny.

Ditambahkan Manager Public Relation TAM Rouli H Sijabat, membeli Vios TRD Sportivo lebih murah dibandingkan dengan membeli secara terpisah aksesoris TRD.

"Harganya jauh lebih ekonomis beli paket," kata dia. Selisih harga Vios tipe G yang menjadi basis Vios TRD Sportivo sekitar Rp16 juta baik untuk transmisi otomatik maupun manual.

"Kalau pasang aksesoris TRD Sportivo sendiri bisa mencapai lebih dari Rp27 juta," ujar Rouli.

Harga Vios TRD Sportivo sendiri adalah sekitar Rp286 juta untuk manual, dan Rp299 juta untuk otomatik. 
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014