Jakarta (ANTARA News) - Pabrikan heavy duty trucks asal Tiongkok, Shacman, melalui ATPM resminya di Indonesia, PT Shacmindo Perkasa, mengusung tema "Efficient & Green" dengan memamerkan truk-truk berbahan bakar compressed natural gas (CNG) di Indonesia Internasional Motors Show 2014.

Pemilihan produk andalan yang ramah lingkungan ini diambil berdasarkan fakta bahwa saat ini kebutuhan akan penggunaan bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fosil sudah demikian mendesak, kata Shacmindo Perkasa dalam pernyataan tertulis yang diterima ANTARA News, Sabtu.

Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa sumbangan terbesar pencemaran udara di Indonesia adalah kontribusi dari emisi gas buang dari kendaraan bermotor, yaitu sekitar 85%.

Itu, kata Shacmindo, diperparah oleh jumlah pertumbuhan volume kendaraan yang semakin lama semakin tinggi dari waktu ke waktu dengan konsumsi bahan bakar yang memiliki kadar timbal yang tinggi serta kurangnya perawatan terhadap kendaraan itu sendiri.

Hal lain yang menarik, menurut Shacmindo, adalah isu seputar efisiensi yang dihasilkan oleh truk dengan bahan bakar alternatif sejalan dengan program Pemerintah RI dalam mencari sumber energi selain bahan bakar konvensional.

Sebelum pameran ini berlangsung, pada Oktober 2013 dan Juli 2014, Shacman telah membuktikan efisiensi dari CNG Dump Truck 380HP melalui serangkaian uji coba yang dilakukan baik on the road maupun off the road dengan tingkat tanjakan mencapai 30 derajat baik tanpa muatan ataupun dengan muatan seberat 30 ton.

Mengenai data penjualan, dalam 8 tahun terakhir Shacman telah berhasil menjual truk yang menggunakan bahan bakar gas alam (CNG/LNG) sebanyak 80,000 unit di seluruh dunia termasuk di Tiongkok sendiri.

Di pasar Indonesia, Shacman fokus pada empat varian; tractor head-diesel & gas, dump truck-diesel & gas, long chassis truck-diesel & gas, serta cement mixer.

Keempat varian kendaran tersebut dipilih untuk memenuhi kebutuhan industri pengangkutan barang (logistik), pertambangan, perkebunan, forestry, oil & gas dan lain-lain.

Dalam IIMS tahun ini, Shacman memamerkan empat unit truk yaitu Tractor Head 6x4 CNG 350HP berbahan bakar CNG, Dump Truck 6x4 CNG 380HP CNG, Tractor Head 6x4 375HP diesell, Cement Mixer Truck 6x4 336HP Capacity 8m3 diesel.
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014