Jakarta (ANTARANews) - Setelah diluncurkan secara resmi pada hari pertama IIMS, Honda HR-V, mulai membuka pemesanan.

Crossover terbaru itu mengincar para "daring sosial achiever" yang ingin tampil beda pada kehidupan sosial mereka.

"Saya yakin ini (HR-V) bisa menjadi favorit baru konsumen Indonesia," kata Presdir PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida, pada IIMS ke-22, di Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan HR-V merupakan model penting bagi Honda dalam upaya mengembangkan pasar di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, mengemukakan segmen low sport utility vehicle (LSUV) termasuk crossover, merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di Indonesia, setelah kendaraan serbaguna kecil (LMPV), kendaraan kota (city car) dan LCGC (low cost and green car), dan SUV.

"Pasar LSUV menunjukkan perkembangan pasar dari tahun ke tahun dan merupakan segmen terbesar ke-4 di Indonesia," katanya.

Di segmen tersebut, menurut dia, ada konsumen yang ingin meng-upgrade mobil dan status sosialnya untuk tampil beda.

Mereka, lanjut dia, membutuhkan mobil mobil berkualitas dan berteknologi tinggi, serta performa bagus dan bertenaga.

"HR-V memang didesain untuk tampil stylist tapi praktis," ujar Development Leader Honda R&D Company Limited, Naohisa Morishita dalam wawancara khusus.

Ia mengatakan untuk mengembangkan mobil tersebut, pihaknya juga datang ke Indonesia untuk memastikan kendaraan itu disukai konsumen di negeri ini, meskipun HR-V merupakan produk global.

Di Indonesia crossover Honda itu dipasarkan dalam dua tipe yaitu 1.5L dan 1.8 L prestige.

Keduanya menggunakan mesin SOHC-i VTEC dengan empat silinder.

Untuk mesin 1.5L menghasilkan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm 4.600 rpm.

Sedangkan tipe 1.8L dengan mesin SOHC-iVTEC empat silinder menghasilkan tenaga sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 169 Nm pada 4.300 rpm.

Dua fitur andalan HRV adalah electric parking brake yang berfungsi untuk mengoperasikan rem parkir secara elektris untuk mengaktifkan maupun melepaskan rem parkir dengan tombol tertentu.

Kemudian fitur auto brake hold yang merupakan mode standby dari sistem pengereman sehingga pengemudi tidak perlu menginjak rem secara terus menerus ketika kendaraan berhenti setelah mengaktifkan tombol auto brake hold.

"Pada IIMS ini kami menargetkan ada 500 pemesanan HR-V, yang 75 persennya diperkirakan adalah tipe 1.5L," kata Jonfis.

HPM membandrol crossover terbarunya itu dengan harga mulai dari Rp240 juta - Rp280 juta untuk tipe 1.5L dan sekitar Rp350 juta untuk tipe 1.8L
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014