Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan M Lutfi memprediksikan dalam jangka waktu 15 tahun ke depan industri otomotif dalam negeri akan memiliki kapasitas produksi mencapai 5 juta unit per tahhun.

Hal itu ia sampaikan saat membuka Indonesia International Motor Show 2014 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Kamis.

"Prediksi saya, saya yakin dalam 10 tahun kapasitas produksi otomotif kita capai 3 juta unit, dalam waktu 5 tahun akan berlipat ganda, 15 tahun lagi mencapai 5 juta unit per tahun," kata Lutfi.

Keyakinan Lutfi bukan tanpa alasan, salah satunya adalah bahwa pada 2017 kapasitas produksi Daihatsu di pabriknya di Indonesia akan melampaui kapasitas pabrik di negara asalnya, Jepang.

Selain itu, fakta bahwa pada 2014 diperkirakan sektor otomotif mencatatkan surplus senilai 2,5 miliar dolar AS, dengan rincian ekspor sebesar 4,5 miliar dolar AS dan impor hanya 2 miliar dolarr AS.

Sementara itu Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, menuturkan ada beberapa hal yang akan menjadi kunci pencapaian kapasitas produksi 5 juta unit per tahun dalam 15 tahun ke depan, termasuk konsistensi regulasi.

"Kita akan menerapkan regulasi yang konsisten dengan itu kita optimistis. Kalau regulasinya berubah-ubah orang gak bisa," katanya.

Regulasi yang konsisten tersebut di antaranya mencakup insentif bagi investor serta juga kebijakan terkait emisi karbon.

Selain itu, optimisme pencapaian kapasitas produksi otomotif 5 juta per tahun juga perlu dukungan faktor lain termasuk stabilitas politik serta pertumbuhan ekonomi.

IIMS 2014 merupakan gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia yang memasuki tahun penyelenggaraan ke-22, menampilkan 36 merek otomotif selama 18-28 September di JIExpo.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014