Jakarta (ANTARANews) - Produksi mobil secara nasional bakal menembus angka 1,4 juta unit sampai akhir tahun ini.

"Saat ini pertumbuhan industri otomotif nasional sangat pesat," kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman MR pada pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-22 di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan pada Januari-Agustus tahun ini produksi mobil telah mencapai 878 ribu unit dan diproyeksikan tembus 1,4 juta unit sampai akhir tahun.

Jumlah tersebut diproyeksi naik dibandingkan tahun 2013 yang total produksi mobil secara nasional mencapai 1,3 juta unit.

Sementara, pasar mobil secara nasional tahun ini, Sudirman memproyeksikan bakal menembus angka 1,2 -1,25 juta unit.

"Mungkin ada kenaikan, walaupun kecil," katanya.

Tahun lalu penjualan mobil mencapai 1,2 juta unit. Pada Januar-Agustus 2013, pasar mobil telah mencapai 830 ribu unit atau naik sekitar 4,8 persen, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kendati penjualan secara nasional cenderung stabil atau naik tipis, ekspor mobil mengalami pertumbuhan "Ekspor mobil secara utuh (CBU) tahun lalu mencapau 170.958 unit, sementara pada Januari-Agustus tahun ini telah mencapai 126.935 unit. Kami proyeksikan ekspor CBU mencapai 200 ribu unit sampai akhir tahun," katanya.

Tidak hanya ekspor CBU, ekspor mobil secara terurai (CKD) juga diproyeksikan meningkat dari 105 ribu set pada 2013 menjadi 120 ribu set tahun ini. "Januari-Agustus ekspor (mobil) CKD telah mencapai 71 ribu unit," ujar Sudirman.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014