Karawang (ANTARA News) - Produsen ban PT Bridgestone Tire Indonesia menggelar uji ban Ecopia EP150 yang diklaim ramah lingkungan, aman, dan menghemat bahan bakar, dengan menggunakan tiga mobil keliling Jawa.

Program bertajuk "ECOPIA GO INDONESIA" itu menurut Sales and Marketing Director Bridgestone Tire Indonesia Yasuhiro Ukegawa bertujuan untuk membuktikan bahwa ban Ecopia merupakan ban hemat bakar dan berusia pakai lebih lama.

Pengujian ini juga akan fokus pada penguatan citra ban Ecopia yang hemat bahan bakar karena hasil akhir pengetesan akan menunjukkan data yang tingkat akurasinya tinggi terhadap bagaimana Ecopia bisa berkontribusi untuk menghemat bahan bakar, kata Ukegawa dalam jumpa pers di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

ECOPIA GO INDONESIA juga bertujuan untuk memperkuat popularitas nilai tambah dan keuntungan ban Ecopia kepada seluruh konsumen Indonesia.

Dalam uji keliling Jawa Bridgestone mengerahkan tiga mobil dan tim yang terdiri dari pengemudi profesional, di mana mereka akan mengelilingi pulau Jawa selama sembilan (9) hari dan menempuh jarak total sekitar 1.687 KM.

Tiga mobil yang digunakan semua dalam kondisi sama dan masing-masing menggunakan tiga jenis ban berbeda, ban Bridgestone EP150 dan dua ban dari kompetitor.

Mereka memulai perjalanan dari fasilitas Proving Ground (PG) Bridgestone di Karawang pada 12 September dan akan berakhir 20 September kembali ke tempat yang sama.

Tim ECOPIA GO INDONESIA akan mengunjungi tujuh kota besar, yaitu Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, Semarang, dan Cirebon kemudian kembali ke Karawang.

Menurut Ukegawa, di setiap kota tersebut tim akan bertemu langsung dengan konsumen lokal beserta para diler untuk menunjukan secara langsung data performa ban Ecopia dalam hal penghematan bahan bakar.

Beberapa elemen akan dimonitoring selama pengujian mulai dari pemakaian bahan bakar, tekanan angin pada ban dan jarak tempuh yang sudah dilalui.

Alat pengukur standar internasional digunakan untuk melakukan tes seperti pencatat konsumsi bahan bakar, aplikasi GPS Tracker untuk mencatat jarak tempuh sekaligus kecepatan kendaraan dan botol pengukur konsumsi bahan bakar.

Ecopia P150, pertama kali diperkenalkan di Asia Tenggara di Indonesia dan diproduksi di pabrik Bridgestone Indonesia.

Rendahnya hambatan gulir (low rolling resistance) pada Ecopia diklaim Bridgestone mampu mengurangi emisi gas buang CO2 sehingga menjadikannya sebagai ban ramah lingkungan.

Pewarta: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014