Jakarta (ANTARA News) - "Small car" Chevrolet Cruze menjadi mobil dengan penjualan terbanyak secara global dalam jajaran produksi General Motors (GM) di bulan Juli 2014.

Menurut GM Executive Vice President Global Chevrolet Alan Batey dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin, Chevrolet Cruze melampaui target penjualan bulan Juli hanya dalam 16 bulan sejak model ini terjual sebanyak dua juta unit.

Mobil ini, ia mengatakan diproduksi di tujuh pabrik GM di beberapa negara, dirakit di 11 negara di lima benua, dan dipasarkan di 180 negara. Mobil ini telah memperoleh 88 penghargaan.

Chevrolet Cruze membuktikan pijakannya dalam pasar kendaraan mulai di Amerika Serikat dan Kanada, di Laos dan Filipina, hingga di Lebanon dan Qatar sebagai pemain kendaraan kategori "small car" berskala global, ujar dia.

Mobil ini, lanjutnya, merupakan kendaraan yang mudah beradaptasi dan mampu memenuhi permintaan terhadap kendaraan di setiap pasar "small car" di seluruh dunia. Hal tersebut menjadi pembuktian dari fokus dan kemampuan Chevrolet untuk menawarkan sebuah kendaraan yang dapat diterima dengan baik di banyak negara.

Sejauh ini, menurut dia, Cruze telah meraih sedikitnya 39 penghargaan di Tiongkok, 27 penghargaan di Amerika Serikat, dan 12 penghargaan di Brazil.

Tim desain General Motors di Korea Selatan dan Jerman telah mempertimbangkan konsumen global dalam proses pengembangan Chevrolet Cruze selama 27 bulan sebelum diperkenalkan pertama ke publik di Korea Selatan pada November 2008, lanjutnya.

Sementara itu, menurut senior analis untuk AutoTrader.com Michelle Krebs, kendaraan kategori "small car" meningkat pesat di pasar berkembang, seperti Asia dan Amerika Latin, dikarenakan peningkatan kepemilikan kendaraan di mana pasar yang lebih mapan seperti Amerika Serikat justru untuk menekan konsumsi bahan bakar.

Karenanya, ia mengatakan "small car" seperti Cruze, menjadi penopang penjualan global dan akan terus berlanjut. (V002/A029)
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014