Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Sudirman MR bersama Ketua Panitia Indonesia International Motor Show Johnny Darmawan menemui Menteri Perindustrian M.S Hidayat melaporkan perkembangan pelaksanaan IIMS.

Dalam pertemuan tersebut, Sudirman memaparkan target penjualan kendaraan di dalam negeri hingga akhir 2014 sebanyak 1.250.000 unit, meningkat sekitar 2--3 persen dibandingkan 2013 sebanyak 1.229.000 unit.

"Sementara itu untuk ekspor CBU diperkirakan sebanyak 200.000 unit dan CKD 150.000 set," katanya.

Selain itu, dari target sebanyak 1.250.000 unit, diperkirakan mobil jenis Most Purpose Vehicle (MPV) menyumbangkan penjualan sekitar 30 persen dan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) sebesar 15 persen.

Sudirman juga melaporkan kepada Menperin peserta IIMS 2014 sebanyak 36 merek kendaraan. Industri pendukung otomotif yang akan ikut juga semakin bertambah seiring dengan tumbuhnya industri otomotif dalam negeri.

"Apabila tidak ada keterbatasan lahan, maka peserta yang ikut akan lebih banyak," ujarnya.

Dia menekankan pameran kendaraan tahunan itu bukan sebagai ajang jualan namun memperlihatkan teknologi industri otomotif dalam negeri. Tujuannya menurut dia agar pasar luar negeri bisa tahu bahwa perkembangan teknologi industri otomotif Indonesia sudah meningkat signifikan.

IIMS 2014 akan diikuti 36 merek anggota Gaikindo, terdiri dari 29 kendaraan penumpang dan tujuh kendaraan komersial.

Merek kendaraan penumpang antara lain Toyota, Mercedes Benz, BMW, Alfa Romeo, Audi, Suzuki, Subaru, Tata Motors, Mazda, dan Chrysler.

Sementara itu merek kendaraan komersial seperti FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Dyna, dan UD Trucks. Selain itu juga diramaikan dengan kehadiran berbagai perusahaan dari industri pendukung.

IIMS 2014 mengambil tema "Smart and Safe Mobility" yang berlandung dari 18-28 September 2014 di JI Expo Kemayoran, Jakarta.
Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014