Jakarta (ANTARA News) - Survei yang dilakukan Indeks Kepuasan Pelanggan Amerika (ACSI) menyebutkan kendaraan dari Asia dan Eropa mendominasi tingkat kepuasan pelanggan di Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari autonews.com, ACSI menyebutkan kepuasan pelanggan dengan merek otomotif lokal selama lima tahun ini menurun.

Tiga merek asal kota industri otomotif AS, Detroit, masih berhasil mempersempit kesenjangan dengan pesaingnya dari Asia dan Eropa.

Survei terbaru itu menemukan bahwa kepuasan seluruh konsumen pada merek otomotif menurun satu poin untuk 82 pada skala 100 poin.

Kesenjangan antara skor pada merek Amerika, 80.75, dan merek Eropa 82.25, berbeda 1,5  poin tahun ini dan 1,2 poin pada 2013.

Kesenjangan antara tiga merek Detroit dan pesaingnya dari Jepang dan Korea dengan rata-rata skor 81.78, diperketat dari 1,07 poin menjadi 1,03 poin.

Tujuh dari 10 merek top pada studi tersebut merupakan impor.

Mercedes Benz dalam studi itu memperoleh skor 86.

Subaru mengikuti di posisi kedua dengan skor 85 sementara itu Lexus dan Volkswagen mendapatkan skor 84.

Merek Toyota dan Honda yang terikat dengan Buick menempati tempat ke empat dengan skor 83.

GMC, Kia, dan Chevrolet melengkapi 10 merek top dengan skor masing-masing 82.

Buick merupakan merek domestik dengan skor diatas rata industri 82 poin. Buick meningkat satu poin menjadi 83 dan Chevrolet meningkat empat poin menjadi 82.

Merk Dodge memperoleh skor 78, dan Acura 77 poin.

Dodge menurutn satu poin dari tahun 2013 sementara itu Acura jatuh enam poin dari 2013 yaitu 83.

"Secara historis ada kesenjangan yang cukup kuat antara produsen mobil AS dengan Eropa dan Asia, meskipun setiap orang mengalami penurunan tahun ini, kesenjangan penyempitan merupakan hal yang baik bagi produsen AS," kata Direktur riset dalam studi tersebut Forrest Morgeson.

Studi ACSI berdasarkan wawancara via telepon dan email dengan 4.360 pelanggan yang membeli kendaraan "light" dalam tiga tahun terakhir.

Hal itu mengukur kepuasan konsumen dengan kualitas dari 21 negara dan merk domestik serta faktor-faktor lain seperti harga dan pengalaman penjualan.

Wawancara dilakukan dari 22 April hingga 29 Mei 2014.



Penerjemah: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2014