Jakarta (ANTARA News) - PT Triumph Motorcycles Indonesia (TMI) serius menjaring jaringan penjualan yang akan menjadi ujung tombak kehadiran sepeda motor asal pabrikan Inggris tersebut.

Direktur Pelaksana TMI Paulus B Suranto mengatakan pihaknya menetapkan standar tinggi bagi pengusaha dan pemodal yang berminat menjadi dealer bagi merek motor yang sudah berdiri sejak 1902 tersebut.

"Syarat utama dari kriteria pemilihan dealer dan partner kami itu terutama passion di segmen motor gede dan yang paling penting adalah perhatian terhadap layanan purna jual," katanya di Jakarta, Selasa.

"Terutama untuk purna jual itu bukan hanya perhatian tetapi kemampuannya harus memang siap."

Paulus menuturkan apabila tidak ada kesamaan visi soal layanan purna jual, kerja sama sebagai dealer atau partner Triumph di Indonesia tidak akan diberikan.

Sejauh ini, merek yang akan secara resmi meluncur di Indonesia itu tengah menyiapkan enam dealer di enam lokasi, di antaranya Pejaten Jakarta Selatan, Serpong, Bandung dan Surabaya.

Sementara dua lokasi lain yang berkesempatan mendapatkan kemudaan akses memperoleh moge itu adalah Bali dan sebuah kota di Jawa Tengah.

"Sebenarnya untuk Bali itu memang lebih cocok sebagai tujuan kegiatan komunitas seperti touring, tetapi untuk moge baru agak sulit," katanya.

Kehadiran TMI juga dibebani target besar yang dipatok oleh pabrikan pusat Triumph, yakni memperoleh pangsa pasar moge sedikitnya 10 persen di tahun pertama kehadiran mereka di Indonesia.

"Sebagai brand baru kami memiliki target yang cukup berat dengan pangsa pasar lebih dari 10 persen di tahun pertama.

"Ya kalau prediksi penjualan sekira 3.500 sampai dengan 4.000 unit dari 12 model yang dihadirkan semenjak peluncuran pertama," ujarnya.

Oleh karena itu pemilihan jaringan dealer menjadi pekerjaan serius bagi TMI demi mencapai target tersebut.

Selain itu, Paulus mengatakan dirinya memiliki keinginan pribadi untuk menularkan kedekatan hubungan antara pengguna Triumph dengan dealer maupun layanan purna jual.

"Jadi ketika di Inggris sana saya sempat beberapa kali mengobrol dengan manajer cabang, kemudian melihat ada pengguna Triumph yang datang membawa makanan ke bengkel dan makan bareng bersama montir. Hubungan semacam itu yang ingin kami bangun di sini berkaitan dengan layanan purna jual Triumph," katanya.

Rencananya TMI akan meluncurkan merek di Indonesia pada 17 September 2014 mendatang.(*)
Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014