Berlin (ANTARA News) - Kesenjangan penjualan BMW atas rival Jermannya, Audi, kian menipis, meskipun pengiriman meningkat pada Juli, pemimpin pasar mobil mewah itu mengalami pertumbuhan volume yang lebih rendah di Amerika Serikat dan Eropa.

BMW mengatakan bahwa penjualan mobil premium dan kendaraan sport naik 8,4 persen bulan lalu dibanding tahun sebelumnya menjadi 139.399 unit. Audi, merek mewah unggulan Volkswagen, mengumumkan pengiriman sebanyak 144.000 unit pada bulan Juli.

Juli merupakan bulan ketiga tahun ini yang memperlihatkan penjualan Audi lebih banyak dibandingkan BMW, yang telah menjadi pemimpin penjualan mobil premium sejak mengambil alih divisi Daimler Mercedes-Benz tahun 2005.

Audi yang memiliki peringkat kedua sejak 2011, dan Mercedes masing - masing bersumpah untuk mengambil posisi teratas pada akhir dekade ini.

BMW mengatakan penjualan tujuh bulan-nya meningkat 10 persen ke rekor 1,03 juta kendaraan. Namun, Audi telah menyusutkan kesenjangan penjualannya dengan BMW pada periode itu menjadi hanya 12.397 unit.

Sedangkan setahun lalu Audi dan BMW terpaut 21.035 unit, sehingga telah menyempit sebesar 40 persen tahun ini, menurut catatan perusahaan, seperti dilaporkan Reuters.

Melemahnya daya beli BMW tercemin dari keuntungan penjualan yang lebih rendah di pasar Eropa dan Amerika Serikat, di mana tujuh bulan pengiriman merek Mini dan Rolls-Royce, masing - masing naik hanya 2,8 persen dan 5,4 persen.

Sebagai perbandingan, penjualan Audi meningkat 6,7 persen di Eropa dan 13 persen di Amerika Serikat. Divisi unggulan VW juga telah tumbuh lebih cepat di Tiongkok daripada BMW dan Mercedes.

Chief Executive BMW Norbert Reithofer mengatakan dalam sebuah wawancara dengan majalah Jerman Automobilwoche bahwa produsen mobil itu mempertimbangkan kembali apakah persaingan dengan rivalnya Audi dan Mercedes untuk memimpin penjualan mobil mewah masih menjadi prioritas bagi BMW, demikian Reuters.
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2014