Jakarta, (ANTARA News) - Data Asosiasi produsen mobil Eropa (ACEA) menunjukkan penjualan kendaraan yang terdaftar di Eropa pada Juni 2014 meningkat 4,3 persen, dari 1,18 juta unit pada Juni 2013 menjadi 1,23 juta unit tahun ini.

Berdasarkan berita dari situs inautonews.com, ACEA menilai peningkatan tersebut didukung situasi ekonomi yang membaik di negara-negara selatan, perkenalan mobil baru dan insentif ritel lanjutan.

ACEA menilai kondisi tersebut menunjukkan krisis yang terjadi di Eropa perlahan pulih.

ACEA menyimpulkan bahwa kondisi Eropa dalam enam tahun terjadi penurunan penjualan akhirnya berakhir. Asosiasi tersebut menambahkan bahwa selama enam bulan pengiriman mobil meningkat 6,2 persen yaitu sebanyak 6,85 juta kendaraan.

"Ketika kita bergerak memasuki babak kedua, konsumen cenderung mengganti kendaraan tuanya yang didorong  pemulihan pasar tenaga kerja di bagian barat Eropa dan sentimen positif konsumen karena skenario ekonomi yang membaik," kata senior konsultan automotif Ernst & Young Peter Fuss.

Pasar mobil massal akhirnya memposting hasil yang lebih baik dari saingan premium mereka, dengan merek Renault dan Dacia, Skoda and Seat, dan GM Opel memimpin kemajuan.

Dacia meningkat 32,2 persen, Renault meningkat 20,6 persen, Seat menanjak 13,2 persen, Skoda meningkat 12,65 persen, dan Opel melonjak 11,7 persen.


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014