Jakarta (ANTARA News) - Lebaran hampir tiba, dan bagi Anda yang hendak mudik tentu sudah merencanakanan waktu serta kendaraan yang akan digunakan untuk keperluan pulang kampung, hajat rutin tahunan yang identik dengan kemacetan.

Dan bagi yang belum menemukan kendaraan pilihan, Mitsubishi New Pajero Sport mungkin bisa menjadi opsi menarik karena selain punya ruang kabin luas, kaya fitur, berpenampilan "gagah", aman dan nyaman, SUV dari PT Krama Yudha Tiga Belian Motors ini juga irit terlebih untuk perjalanan jauh.

Dalam hal konsumsi bahan bakar, varian Mitsubishi yang bermesin diesel ini--kecuali seri terbaru V6--, sangat irit untuk kendaraan bermesin tenaga besar dan bisa diandalkan dalam segala medan, terlebih dalam kondisi jalan berlubang di sana-sini seperti sekarang.

ANTARA News yang pernah mengendarai salah satunya, New Pajero Sport Dakar 4x4, menempuh perjalanan dari Bekasi-Pantura-Semarang-Purworejo (Jateng) dan kembali ke Bekasi, hanya menghabiskan sekitar Rp1 juta untuk belanja bio solar.

Dengan kapasitas 7 tempat duduk dan performa serta kenyamanan yang ditawarkan, angka konsumsi bahan bakar untuk perjalanan sejauh itu, jelas, sangat irit terlebih ANTARA News sudah berkesempatan menikmati wisata Gunung Merapi di Cangkringan, Yogyakarta.

Dalam perjalanan akhir Mei lalu, ANTARA News masih menemui banyak jalan rusak atau sedang dalam perbaikan di Pantura, terparah kerusakan ditemui di ruas Pekalongan-Pemalang menuju Semarang, namun suspensi dan ban besarnya--ring 17 inci--tetap membuat New Pajero Sport nyaman melewati jalur itu.

Demikian juga saat melewati jalan berliku naik turun dari Ambarawa ke Magelang hingga Purworejo, kemudian menanjak ke kawasan Merapi melalui Jalan Kaliurang sampai Cangkringan, Yogyakarta, mobil ini--meski berbadan bongsor--melaju ringan penuh tenaga, dan ternyata gesit juga.

Soal kenyamanan berkendara, New Pajero Sport punya banyak pendukung: AC dengan blower di atas setiap baris kursi penumpang, kursi berbalut kulit, panel instrumen--audio video, GPS, dan data perjalanan--yang mudah dijangkau, paddle shift untuk perpindahan gigi atau kontrol media hiburan pada stir, serta sun roof untuk pengalaman berkendara dengan perspektif pemandangan lebih luas.

Untuk memandu perjalanan, SUV bermesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged dan Intercooled 4 silinder ini ber-GPS mutakhir dengan database peta yang up-to-date, jadi sangat membantu.

Dengan ground clearance 215mm, suspensi 3 link coil spring with Stabilizer, sistem pengereman depan vertilated disc 16 inci dan belakang 16 inci drum in disc pada roda 17 inci x 7,5 J Alloy -nya memastikan New Pajero Sport siap untuk medan apa pun dan tetap nyaman berada di dalamnya.

Agen Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors merilis New Pajero Sport akhir tahun lalu dalam lima varian: Exceed, GLS, GLX 4x4, Dakar 4x2, dan Dakar 4x4, ditambah varian terbaru bermesin bensin New Pajero Sport V6.

New Pajero Sport Exceed dipasarkan on the road Jakarta Rp420 juta, tipe GLS Rp403 juta, GLX 4X4 Rp454 juta, Dakar 4x2 Rp458 juta, Dakar 4x4 Rp525 juta, dan seri teranyar V6 (bensin) Rp484,5 juta.
Oleh
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014