Jakarta (ANTARA News) - Mitsubishi Strada Triton selama ini menjadi pemimpin pasar segmen kendaraan untuk fleet pertambangan, termasuk di Sulawesi Utara.

"Selama ini pengguna Triton terbanyak adalah sektor pertambangan," kata Head Division Marketing PT Bosowa Berlian Motor  Arief Galib kepada wartawan di Manado baru-baru ini.

Selain pasar terbesar di pertambangan, terdapat juga pengguna Triton untuk perkebunan, selain porsi kecil yaitu masyarakat penyuka kendaraan bak terbuka segala medan tersebut.

Dalam tujuh tahun terakhir tercatat pembelian 500 unit Triton di Sulawesi Utara, berdasarkan data kendaraan yang melakukan servis di bengkel Bosowa Berlian Motor.

Sebagai perbandingan, data yang disampaikan agen merek Mitsubishi di Indonesia, PT Kramayudha Tiga Berlian awal tahun ini, selama tujuh tahun terakhir Triton sudah terjual lebih dari 4.000 unit.

Triton di Sulawesi Utara banyak digunakan di tambang di Mobagu,  Bolaang Mongondow, dan Likupang Minahasa Utara.

Namun, tahun ini terjadi penurunan penjualan Triton sebagai dampak berlakunya UU No. 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (minerba).

Peraturan itu mengharuskan industri tambang terlebih dahulu membangun fasilitas peleburan dan pemurnian (smelter).

Arief mengemukakan lesunya pasar kabin ganda juga dialami merek lainnya di segmen tersebut.

Triton berada satu segmen dengan Ranger,  BT-50, Colorado, Hilux, dan D-Max.

Penjualan kendaraan kabin ganda semua merek di Sulawesi Utara pada 2013 yang mencapai 40 unit.

"Tapi tahun ini, Januari-Mei, angka penjualan untuk jenis tersebut hanya enam unit, itu sudah semua merek," katanya. Tiga dari enam unit itu adalah Triton.

Dia juga mengemukakan terdapat efek domino berupa turunnya penjualan kendaraan penumpang.

"Imbas yang dialami para pekerja tambang maupun vendornya," katanya.

Kondisi lainnya menurut Arief adalah banyak pihak yang menunda pembelian kendaraan sehubungan pemilu, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.

Bosowa Berlian Motor mengambil beberapa langkah untuk mengatasi turunnya penjualan kendaraan khususnya Triton.

"Kami memperbanyak pelanggan retail terutama para pemilik perkebunan," katanya.

Para pemilik perkebunan menurut dia memerlukan kendaraan yang bisa mengangkut hasil bumi melalui medan berat.

calon pelanggan

Pada kesempatan yang sama, kepala Cabang PT Bosowa Berlian Motor Cabang Manado Arfan Djafar mengemukakan pihaknya juga mendekati calon pelanggan yaitu perusahaan alat-alat berat yang berada di Manado dan sekitarnya.

Usaha lainnya adalah dengan memberi servis dan pelayanan yang semakin baik di tiga cabang mereka di Manado, Mobagu, Limboto, berupa dealer 3S (sales, service, spare parts) serta rencana  membuka cabang di Bitung pada Juli.

Demi meningkatkan penjulaan Triton, Bosowa Berlian Motor pada pekan lalu menggelar malam "Strada Triton Gathering" .

Pada acara tersebut, calon pembeli akan mendapat diskon hingga Rp30 juta (Triton 4x4) , Rp15 juta (Triton 4x2) serta hadiah televisi LCD.

Secara keseluruhan penjualan semua model Mitsubishi di kawasan Timur Indonesia pada Januari-November 2013 adalah 6.495 unit.

Penjualan itu sebagian besar dilakukan oleh Bosowa Berlian Motor sebagai dealer utama Mitsubishi untuk kawasan Timur Indonesia.

Bosowa Berlian Motor memiliki 33 cabang di region Makassar, Sulawesi Selatan, Sulawesi Selatan dan Barat, Sulawesi Tenggara dan Tengah, Sulawesi Utara dan Maluku, Papua dan NTT.

Mengenai penjualan Mitsubishi di kawasan Timur Indonesia tahun 2014, Bosowa menargetkan 10.309 unit.

market share

Khusus Sulawesi Utara, Mitsubishi meraup 11,5%  dari 3.900 unit kendaraan semua merek yang terjual selama Januari - Mei.

"Tahun ini kami diberi target 15,4% pasar oleh ATPM,” kata Arief Ghalib.

Dia mengatakan sekitar 40 persen penjualan Mitsubishi pada tahun ini di Sulawesi Utara adalah dari truk.

Ini adalah tantangan karena penjualan truk Mitsubishi Fuso kena efek domino dari kebijakan pemerintah soal smelter pertambangan.

Sementara itu Pajero menjadi andalan penjualan untuk kendaraan penumpang Mitsubishi di Sulawesi Utara dengan 10-15 unit/bulan.

Outlander berada di posisi berikutnya dengan penjualan 6-7 unit/bulan.

"Mirage berkisar 2-3 unit/bulan, karena saingannya dengan mobil LCGC yang lebih murah," kata Arief.

Dia mengatakan, langkah untuk mempopulerkan Mirage antara lain dengan mengadakan test drive serta bekerja sama dengan lembaga finance ke berbagai kelompok profesi, misalnya guru yang telah mendapatkan tunjangan sertifikasi.

Mengenai Triton, dia berharap model baru segera keluar.

"Merek lain baru saja menghadirkan model baru, kami harap Triton juga segera menghadirkan model baru untuk mempertahankan pasar," kata Arief.

Strada Triton pertama kali hadir pada tahun 2002 dengan nama L200 Strada.

Saat ini Bosowa Berlian Motor menyediakan tujuh varian Triton yaitu Strada Hi-Power 4x4  A/T dan M/T, Strada DC GLS 4x4 M/T, Strada DC GLS-AB 4x4 M/T, Strada DC HDX 4x4 M/T, Strada SC HDX 4x4 M/T, dan Strada SC GLX 4x2 MT.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014