Jakarta (ANTARA News) - Fitur Start Stop Engine sejauh ini mungkin hanya ditemui di mobil-mobil mewah, dan perlu banyak uang untuk punya kendaraan seperti itu, apalagi untuk yang berjuluk mobil pintar.

Tapi..., jangan dulu berkecil hati atau menganggap mustahil untuk bisa punya mobil berfitur canggih atau berpredikat kendaraan pintar, yang tidak hanya bertombol Start Stop Engine namun banyak kemampuan lain nan menawan.

Ini bukan soal pertimbangan untuk membeli mobil canggih, tetapi mengenai No Doubt, serangkaian perangkat atau sistem yang bisa mengubah mobil biasa menjadi mobil pintar.

Perangkat bernama No Doubt Alarm System ini akan membuat mobil menjadi punya kemampuan lebih bahkan luar biasa, khususnya dalam segi keamanan, berkat fitur-fitur canggihnya.

Tidak berlebihan jika alat sistem pengamanan itu dijuluki alarm mobil pintar, karena seperti disebut dalam lamannya, No Doubt Alarm System mampu membuat sebuah mobil bisa berkomunikasi dengan pemiliknya.

Dengan kombinasi kemampunan komunikasi radio berteknologi GSM, selain bisa mengirimkan peringatan-peringatan bahaya ke smartphone pemiliknya, No Doubt memungkinkan pengendalian mobil dari jarak jauh.

Dengan aplikasi No Doubt untuk perangkat Android, pemilik bisa menghidupkan dan mematikan mesin mobil dari jarak jauh, dari luar kota atau bahkan saat berada di luar negeri melalui smartphone selama jaringan selular tersedia.

Fitur Automatic Alarming pada No Doubt membuat pemilik bisa memantau mobilnya kapan saja dalam 24 jam penuh setiap harinya.

Apabila terjadi gangguan seperti pintu, kap  mesin, atau bagasi mobil dibuka paksa, kemudian mobil mendapatkan ganguan getaran, mobil dihidupkan paksa, atau aliran listrik dari accu diputus, No Doubt akan mengirimkan peringatan ke handphone pemilik mobil melalui panggilan telepon dan SMS (sort messege service).

Jangan khawatir jika handphone utama kehabisan daya baterai, karena peringatan juga akan dikirim ke handphone cadangan, asalkan jangan kedua-duanya tak berfungsi karena kehabisan daya baterai.

Ketika mobil dibajak, No Doubt dengan fitur Anti-Hijacking-nya akan menghidupkan alarm secara otomatis.

Alarm akan berbunyi terus menerus dan mesin mobil mati seketika secara otomatis saat kecepatan di bawah 20km/jam atau ketika pembajak menginjak rem. Mobil tidak akan bisa dihidupkan lagi kecuali oleh pemiliknya.

Atau, pemilik bisa diam-diam menekan Tombol SOS saat pembajak beraksi.

Dalam modus ini alarm tidak akan berbunyi tapi No Doubt akan memberitahu melalui SMS di mana lokasi mobil berada.

Ketika terjadi penyanderaan di dalam mobil, No Doubt juga dilengkapi Voice Monitor yang berfungsi untuk mendengarkan semua suara atau percakapan di dalam kabin mobil melalui handphone.

Di antara kemampuan-kemampuan canggihnya tersebut, No Doubt juga menawarkan keyless operation yang memudahkan pemilik menghidupkan atau mematikan mesin mobil tanpa menggunakan kunci. Via Tombol Start Stop Engine atau dengan remote alarm.

Keunggulan

Sebagaimana dijelaskan dalam laman resmi No Doubt, setidaknya ada lima keunggulan No Doubt Alarm System dibanding produk-produk sejenis di pasar.

Pertama, GPS Tracking System, yang dapat memberitahukan lokasi kendaraan melalui mobile phone di mana pun dan kapan pun. Juga mengirimkan peringatan ketika mobil dalam bahaya atau upaya pencurian.

Kedua, teknologi GSM Network System-nya, dengan SIM Card yang terpasang pada modemnya, pemilik bisa mengontrol sistem di mana pun dan kapan pun lewat perintah SMS atau penggilan telepon.

Tiga, Smart Operation Design. Alarm No Doubt dirancang bisa dikendalikan melalui transmitter dan handphone.

Ketika sinyal GSM tidak tertangkap dengan baik, sistem komunikasi dapat beralih menggunakan transmitter, begitu pula sebaliknya.

Keempat, Economical Locating Methode atau hemat biaya pulsa saat mendeteksi lokasi kendaraan via program Internet Longitude, Latitude, dan Google Map karena pengguna akan menerima pemberihuan link lokasi via SMS.

Kelima, respon cepatnya (Speedy Response), berkat prosesor dual-core di dalamnya membuat sistem bisa bekerja dengan cepat.

Begitulah bagaimana No Doubt yang dipasarkan di Indonesia melalui distributor resminya PT Rema Tip Top Indonesia seharga Rp3,5 juta, bisa membuat sebuah mobil yang biasa-biasa saja menjadi mobil pintar.
Oleh
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014