Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan otomotif Ford Motor meraih posisi pertama dalam daftar tahunan 50 Best Global Green Brands dari Interbrand.

"Kami bangga menduduki peringkat satu di Best Global Green Brands 2014," kata Wakil President Ford bidang Sustainability, Environment dan Safety Engineering Robert Brown dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Produsen mobil ini mengalahkan pemenang tahun lalu, yaitu Toyota dan juga perusahaan besar lainnya seperti Johnson & Johnson, Coca-Cola dan Microsoft.

Ford menduduki peringkat teratas karena pendekatan perusahaan terhadap proses manufaktur yang berkelanjutan dan bertanggung jawab secara lingkungan, transparansi yang lebih besar mengenai operasi bisnisnya, dan untuk pengungkapan informasi, terutama di area manufaktur.

Fokus perusahaan itu terhadap pemeliharaan sumber air masuk dalam penilaian Sustainability Report tahunan ke-15 perusahaan, beserta pengurangan limbah dan upaya green building (gedung hijau), memberikan kontribusi terhadap peraihan peringkat atas dalam Best Global Green Brands.

"Di Ford kami bekerja untuk mengembangkan produk-produk dengan cara paling bertanggunggjawab secara lingkungan dan mereplikasi hal ini secara global," ujar Robert.

Peringkat pertama itu diraih setelah Ford menduduki peringkat kedua tahun lalu dan peringkat ke-15 pada 2012.

Menurut pihak Interbrand, pemeliharaan lingkungan untuk sustainability (keberlanjutan) sumber daya alam telah sepenuhnya terintegrasi ke dalam strategi bisnis Ford secara keseluruhan.

Dengan demikian, perusahaan dapat dengan cepat mengidentifikasi dan mengatasi dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat di setiap segi operasinya. "Selama beberapa tahun terakhir, Ford telah terbukti menjadi pemimpin sustainability lingkungan," kata Global CEO Interbrand Jez Frampton.
Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014