Jakarta (ANTARA News) - Honda Mobilio menjadi yang terlaris di kelas low multi purpose vehicle (LPMV)  di tiga kota yaitu Solo, Semarang, Yogyakarta.

"Terlaris di kota-kota tersebut untuk kelas LPMV. Mobilio juga menjadi penyumbang terbesar untuk penjualan Honda," kata Yosef Swasono Agus, Corporate Communication Manager Honda Prospect Motor.

Yosef mengemukakan hal tersebut di sela kegiatan  Wisata Plus Honda Mobilio - Tantangan Hemat 20km/liter yang berlangsung akhir pekan ini di Sentul, Bogor.

Menurut Yosef, warna yang paling banyak dipesan konsumen adalah putih.

Sejak diperkenalkan pada September 2013, hingga Mei Mobilio telah terjual 35.550 unit.  

50  persen penjualan Mobilio adalah dari Jakarta dan sekitarnya.

Mobilio juga berada di peringkat ke-2 segmen LMPV dengan pangsa pasar 22 persen.

"Yang paling laku secara keseluruhan adalah E-CVT (transmisi otomatis) sedangkan transmisi manual paling laku di Jawa Tengah," kata Yosep.

Mobilio baru-baru ini meluncurkan tipe termewahnya yaitu tipe "RS", menambah jajaran yang sudah ada yaitu E manual, E-CVT dan Prestige.

"Pasar untuk LPMV dengan harga Rp200 juta sudah penuh, tapi  yang sedikit di atas 200 juta hingga Rp250 juta, peluangnya secara bisnis masih baik. Banyak orang yang ingin mobilnya tampil beda," kata Yosep mengenai alasan Honda meluncurkan Mobilio RS.

Harga Mobilio RS manual Rp203,5 juta sedangkan tipe transmisi otomatis adalah Rp214 juta on the road Jakarta.

Mobilio yang pertama kali di perkenalkan ke dunia oleh Honda pada IIMS 2013 di Indonesia juga akan segera beredar di India.

Menurut media-media di India, Mobilio yang akan beredar di negara tersebut menggunakan mesin bensin dan diesel.

"Kalau untuk Indonesia, kami fokus pada mesin bensin 1.500 cc," kata Yosep.

Mobilio didukung mesin i-VTEC SOHC 1,5L, 16 valve yang mampu menghasilkan tenaga 118 PS pada putaran mesin 6.600 RPM.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia  (Gaikindo) menyebutkan pada 2013 total penjualan mobil di segmen LPMV mencapai 332.971 unit.

Para pemain yang masuk di segmen tersebut selain Honda Mobilio antara lain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga.

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014