Jakarta (ANTARANews) - Loyalitas pelanggan Toyota ternyata sangat tinggi, hal itu terlihat dari kontribusi mereka dalam penjualan mobil-mobil baru Toyota di Indonesia.

"Sekitar 60 persen penjualan berasal dari repeat buyer (pembeli berulang). Mereka adalah konsumen yang loyal," kata Wakil Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin, di sela-sela Jambore Toyota, di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Ia mengatakan biasanya kepemilikan mobil Toyota antara 3-6 tahun, kemudian konsumen mengganti mobil mereka dengan yang baru. Untuk membina hubungan yang erat dengan konsumennya itulah, setiap tahun antara lain Toyota mengadakan Jambore dengan mengundang para komunitas pemilik mobil atau Toyota Owner Club (TOC).

Mereka antara lain TCVI (Toyota Vios Club Indonesia), AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club), ID42NER (Toyota Fortuner Club of Indonesia), Great Corolla Club, ISC (Indonesian Starlet Club), Indonesian Corolla Club, Velozity Veloz Community, Toyota Soluna Vios Club, TERUCI (Terios Rush Club Indonesia), ALTIC (Altis Indonesia Community), Toyota Soluna Community, Toyota Yaris Club Indonesia, IKC (Kijang Community), Innova Community,  serta TACI (Toyota Avanza Club Indonesia).

"Kegiatan seperti itu terbukti membangun loyalitas pelanggan," ujar Abong, sapaan Suparno Djasmin.

Ditambahkan Direktur Pemasaran TAM Rachmat Samulo, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Jambore Toyota ke-7 yang dihadiri sekitar 1.000 orang itu, lebih terpusat hanya di Bumi Perkemahan Cibubur, tidak ada lagi rally.

"Kegiatan ini diharapkan mampu membangun keakraban dengan keluarga para pemilik mobil Toyota, serta mereka dengan kami dan value chain lainnya seperti asuransi, produsen suku cadang, dan lain-lain," katanya.

Kegiatan lain berupa permainan dan edukasi bagi pelajar tentang cara mengemudi yang aman. "Kami ingin memberi pengetahuan dasar pada generasi muda yang akan menggunakan kendaraan, bagaimana mengemudi yang aman," ujar Samulo.

Jambore tersebut tidak hanya dilakukan di Jakarta, tapi juga di kota lainnya yg di selenggarakan dealer Toyota seperti Semarang (New Ratna Motor), Makassar (Hadji Kala), Manado (Hasjra Abadi) tdan Surabaya dan Bali. (*)
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014