Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memperluas pasar ekspor MPV (multi purpose vehicle) Avanza ke Timur Tengah.

"Perluasan pasar ekspor Avanza ke Timur Tengah ini semakin mengukuhkan pengakuan pasar internasional atas kualitas global kendaraan produksi pabrik perakitan milik ADM di Sunter dan Karawang, yang telah dipercaya oleh Grup Toyota sebagai basis produksi mobil kompak Indonesia," kata Direktur PT ADM Amelia Tjandra di Jakarta, Senin.

Pernyataan tersebut ia sampaikan pada acara peluncuran ekspor Avanza di Vehicle Logistic Center Daihatsu di kawasan Sunter.

Sesuai rencana, ekspor perdana sejumlah 5.000 CBU Avanza pada 2014 ini akan dikirim ke negara-negara di Timur Tengah.

Adapun ekspansi ekpor Avanza di Timur Tengah itu dilakukan ke enam negara tujuan baru, yakni Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain, Yaman, Omar.

Menurut Amelia, sejak produksi perdana pada akhir 2003 hingga Mei 2014, ADM telah memproduksi Avanza sebanyak 1.394.954 unit, yang terdiri dari 1.183.867 unit untuk kebutuhan pasar domestik dan 211.087 unit diekspor ke 44 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

"Proses produksi Avanza, bersama kembarannya Xenia, telah melibatkan 830 supplier termasuk perusahaan value chain," ujarnya.

"Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, kedua produk ini sudah terbukti diterima dengan baik di pasar Indonesia. Kami ingin tidak hanya di pasar Indonesia saja, tetapi juga di pasar mancanegara produk ini bisa diterima dengan baik," tambahnya.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014