Jakarta (ANTARA News) - Pabrik baru Suzuki yang terletak di GIIC Cikarang, Bekasi dengan luas area 130,7ha rencananya akan memproduksi Ertiga.

Rencana produksi pada pabrik baru tersebut yakni 50 ribu unit per tahun yang akan dimulai pada tahun 2015.

"Itu baru rencana produksi di pabrik baru," kata Wakil Presiden Suzuki Motor Corporation, Toshihiro Suzuki saat ditemui di Bekasi, Kamis.

Namun dia menyebut, rencana tersebut bisa diperbesar sesuai dengan permintaan pasar.

Kapasitasnya sendiri, lanjut Suzuki bisa mencapai 125 ribu unit per tahun pada 2015. Namun dia menyebut, kapasitas tersebut belum final karena masih ada kemungkinan memperbesar kapasitas.

"Kalau demand terus meningkat, ya kami akan tingkatkan juga kapasitas," katanya.

Selain produksi kendaraan pabrik baru ini juga akan memproduksi mesin serta transmisi yang bahkan sudah mulai dilakukan sejak April lalu.

Sementara itu, Suzuki menyebut bahwa pembangunan pabrik dengan  total investasi senilai 93 miliar yen tersebut sebagai bentuk usaha memenuhi kebutuhan domestik.

"Melalui investasi ini, kami berharap dapat berkontribusi dalam memperluas lapangan pekerjaan, pengembangan sumber daya serta pertumbuhan industri otomotif di Indonesia," katanya.

Produk Ertiga merupakan varian Low Multi Purpose Vehicle yang diluncurkan sejak 2012 dan sudah diekspor ke Thailand dan Brunei pada 2013 dan 2014.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014