Tokyo (ANTARA News) - Raksasa otomotif Toyota telah menjual lebih dari 10 juta kendaraan selama satu tahun sampai Maret 2014 diantaranya akibat naiknya pajak penjualan di Jepang.

Pengumuman ini disampaikan kendati perusahaan tersebut tengah berjuang merehabilitasi reputasi keamanannya setelah menarik kembali jutaan mobil di seluruh dunia karena berbagai masalah.

Perusahaan ini memperkirakan telah mengapalkan 10,13 juta unit mobil pada 12 bulan sampai Maret tahun ini atau naik 4,5 persen dibandingkan setahun sebelumnya yang sekaligus menciptakan rekor dalam industri ini.

Pesaing terdekatnya --Volkswagen dari Jerman dan General Motors dari Amerika Serikat-- juga disebut sukses menjual 10 juta mobil pada priode sama.

Raksasa otomotif Jepang ini juga mempertahankan status sebagai produsen mobil top dunia pada 2013 setelah sukses menjual 9,98 juta unit kendaraan.

Toyota mencetak penjualan di dalam negeri yang tinggi, selain juga di pasar-pasar luar negeri kunci seperti Tiongkok yang menjadi pasar kendaraan terbesar dunia.

Penjualan di Jepang naik 3,9 persen untuk mencetak rekor 2,4 juta unit mobil yang adalah peningkatan ketiga berturut-turut, kata Toyota.

"Melonjaknya permintaan menyusul naiknya pajak konsumsi pada April tahun ini mendorong naiknya penjualan di Jepang," kata juru bicara Toyota via email seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014