Jakarta (ANTARA News) - Varian Sport Utility Vehicle (SUV) Kia New Sportage yang diluncurkan dari Kia Motor Indonesia hari ini menggunakan mesin generasi baru Nu Engine 2.0 L D-CVVT bertenaga 158 ps pada 6500 rpm dan torsi maksimal 19,6 kgm pada 4000 rpm.

GM Product Development Kia Motor Indonesia Arifani Perbowo menyebut perbedaan mencolok pada mesin baru ini dibandingkan dengan yang lama yang menghasilkan 166 ps dan torsi 20,1 kgm.

"Perubahan torsi tidak signifikan, perubahan tenaga berubah namun putaran mesinnya juga berubah," kata Arifani saat peluncuran di Jakarta, Rabu.

Dia melanjutkan, pada model lama, torsi maksimal dicapai pada putaran mesin 4600 rpm, sedangkan pada model baru, torsi maksimal didapat pada putaran mesin 4000 rpm.

"Ini membuat mobilnya lebih responsif dan efisien," kata Ari yang menyebut lebih hemat 12 persen dibandingkan Kia Sportage sebelumnya karena bermain pada putaran mesin rendah.

"Siapa pun yang pakai, model ini lebih efisien 12 persen dibanding model lama," katanya.

Putaran mesin rendah tersebut juga menghasilkan emisi lebih sedikit. "Untuk angka saya enggak bisa bilang karena standar penggunaan bahan bakar di sini dengan Korea akan berbeda. Tapi lebih baik 12 persen dibandingkan yang lama," kata dia.

Arifani juga menyebut mesin ini lebih sesuai dengan penggunaan Jakarta yang sering macet.

"Tenaga besar kan dibutuhkan untuk kecepatan maksimal, sedangkan di Jakarta lebih banyak macetnya. Jadi torsi besar pada putaran rendah lebih diperlukan untuk kondisi stop and go," kata dia.
Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014