London (ANTARA News) - Ford Mustang, sedan kekar ikon Amerika Serikat, pekan depan berulang tahun yang ke-50.

Ketika Mustang pertama kali hadir, 1964, kendaraan itu langsung jadi perbincangan dan idaman banyak orang.
Kehebohan saat itu, tulis Reuters, pada zaman sekarang mungkin setara  ramainya pembicaraan orang saat iPad pertama kali hadir.

Mustang sebenarnya menggunakan platform sedan Ford Falcon yang "biasa". Bedanya, Mustang diberi bodi yang bergaya dan tetap cukup untuk empat penumpang.

Ketika itu harga Mustang standar dengan mesin V6 adalah 2.368 dolar AS, tergolong murah dan cocok dengan budaya kaum muda ketika itu.

Versi mahalnya tersedia dalam mesin V8 289 inci-kubik, juga ada opsi untuk A/C, transmisi otomatis dan atap yang bisa dilipat (convertible).

Kini, untuk pertama kalinya, model terbaru Mustang dibuat oleh Ford untuk konsumen global.

Pada masa sebelumnya, Ford Mustang dikhususkan untuk Amerika Utara dan pembeli di luar kawasan itu mendapatkannya dengan impor khusus.

Pada ulang tahun minggu depan, Mustang Club of America menyelenggarakan acara lima hari di Charlotte Motor Speedway di North Carolina dan Las Vegas Motor Speedway di Nevada, tempat ribuan Mustang dari semua model akan berkumpul.

Pemimpin redaksi Reuters, Paul Ingrassia, menulis buku tentang Mustang yang terbit tahun 2012 berjudul "Engines of Change".

Dalam buku tersebut ditulis bahwa Mustang diperkenalkan secara resmi pada 17 April di New York World's Fair.

Malam sebelumnya, iklan Mustang tampil di semua TV nasional serta di 2.600 koran termasuk di "halaman khusus wanita".

Banyak pujian dari media untuk Ford Mustang, tapi ada juga yang bersikap lain, misalnya Car and Driver yang menulis "mesinnya 'menarik' seperti sepiring makanan bayi."

Yang pasti, masyarakat Amerika terpukau dengan kehadiran Ford Mustang.

Satu dealer di Texas menyatakan ada 15 calon pembeli sedangkan stok Mustang hanya ada satu. Akhirnya Mustang itu dilelang.

Ford Mustang pertama ternyata bukan buatan Amerika Serikat tetapi  Newfoundland, Kanada.

Februari 1966, produksi Mustang sudah lewat dari satu juta unit.

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014