Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor akan menambah produksi sepeda motor otomatik (skutik) sebesar 1,5 juta unit, seiring dengan akan beroperasinya pabrik ke-4 di Karawang, Jawa Barat, pada Juni 2014.

"Awal Juni pabrik baru akan beroperasi dengan kapasitas 1,5 juta unit/tahun. Itu untuk skutik," kata Eksekutif Wapresdir AHM Johannes Loman, di sela-sela peluncuran dua model baru Honda, di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan selama ini untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat AHM menerapkan lembur (overtime), karena kapasitas produksi hanya sekitar 4,3 juta unit, sedangkan permintaan bisa mencapai 4,7 juta unit.

"Kami berharap dengan pabrik baru tersebut, tidak ada lagi over time (lembur)," ujar Loman.

Ia memperkirakan kapasitas produksi pabrik baru tersebut akan terpakai sebanyak 1,1 juta unit tahun ini, untuk mendukung target AHM menguasai 62 persen pasar sepeda motor di Indonesia.

"Target penjualan sepeda motor Honda tahun ini sekitar lima juta unit," katanya.

Hampir 70 persen, lanjut dia, kontribusi penjualan Honda berasal dari segmen skutik.

Pada Maret 2014, Loman memperkirakan penjualan Honda tembus angka 460 ribu unit.

"Penjualan Maret lebih bagus dibandingkan Pebruari," katanya.

Ditambahkan Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya, pasar sepeda motor di Indonesia tahun ini diperkirakan berkisar antara 7,6 juta sampai 8,1 juta unit, tergantung situasi ekonomi nasional.

"Kami menargetkan pangsa pasar sebesar 62 persen atau sekitar 4,8 juta sampai lima juta unit," kata Margono.

Untuk mencapai target tersebut AHM, lanjut dia, masih mengandalkan jaringan penjualan dari sekitar 1.800 dealer yang tersebar di Indonesia.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014