Jakarta (ANTARA News) - Jika Empire State Building bisa membuktikan diri dengan menjadi di dinding panjat bagi sebuah gorila raksasa, dek atapnya juga bisa. Diakomodasikan sebagai tempat yang nyaman untuk Mustang.

Ford merencanakan untuk memasang Ford Mustang convertible 2015 pada dek observasi pada salah satu gedung tertinggi di dunia, meniru aksi yang sama 49 tahun silan di tempat yang sama. Aksi ini juga menandakan selebrasi setengah abad mobil Amerika yang legendaris ini.

"New York adalah salah satu kota terbaik di dunia, dan tempat dimana Ford Mustang. Memulai perjalanannya 50 tahun lalu," kata Ford Chief Operating, Mark Fields seperti dikutip USA Today.

"Kami sangat menantikan kunjungan kami ke gedung ikonik arsitektur yang telah lama menjadi jantung dari Manhattan selama 83 tahun bersama generasi terbaru dari mobil yang menjadi jiwa dari Ford Motor Company," katanya.

Kini, yang menjadi masalah adalah menemukan cara untuk membawa mobil tersebut naik 86 lantai. Teknisi Ford berencana untuk menggunakan lift, dengan membawa potongan demi potongan.

Mereka pernah melakukan sebelumnya pada tahun 1965, memisahkan mobil tersebut menjadi tiga bagian ditambah dengan windshield. Namun 2015 Mustang memiliki panjang hampir 7 inchi lebih panjang dan empat inchi lebih lebar dibanding mobil poni aslinya.

Hasilnya, pihak Ford membutuhkan perencanaan lebih lanjut agar bisa melaksanakan rencana tersebut. Perpindahan tersebut harus bisa dilaksanakan dalam waktu enam jam.

Aksi satu dekade lampau juga bukan tanpa halangan. Juru arsip Ford, Dean Weber menyebutkan bahwa mobilnya tidak diukur dengan pasti dan beberapa panel harus dimodifikasi agar bisa masuk dalam lift saat itu.

Pengunjung bisa melihat Mustang Convertible pada dek observasi selama 54 jam dari pukul 08.00 hingga 14.00 tanggal 16--17 April 2014, yang berbarengan dengan New York Auto Show. (Dny)
Penerjemah: Deny Yuliansari
Copyright © ANTARA 2014