Jakarta (ANTARA News) - Menurut laporan perusahaan penyedia riwayat kendaraan, Carfax.com, sekitar 3,5 juta kendaraan yang terlibat penarikan (recall), dijual secara online di Amerika Serikat pada 2013.

Chris Basso selaku juru bicara Carfax mengatakan bahwa secara keseluruhan, satu dari sembilan kendaraan yang ditemukan di situs online seperti Ebay Motors, Cars.com atau Craigslist, adalah jenis yang kena recall.

Seperti diberitakan laman Inautonews, negara bagian Texas memiliki mobil recall  terbanyak yang ditemukan secara online, dengan jumlah 307.556, diikuti California 217.674 kendaraan dan Missouri dengan 212.949 mobil.

Di Amerika Serikat, situasi recall saat ini meningkat setelah Departemen Kehakiman mengatakan dalam sebuah konferensi pers, bahwa Toyota akan membayar 1,2 miliar dolar AS,  uang kesepakatan untuk membatalkan  penyelidikan  kriminal akibat menutupi masalah keamanan pada kendaraanya.

General Motors, kini tengah mempersiapkan recall besar-besaran yang akan memakan biaya 300 juta dolar AS selama kuartal pertama tahun ini.

Belum lama ini, produsen mobil yang berbasis di Detroit tersebut juga mengumumkan recall terbaru terhadap 1,5 juta mobil terkait switch mesin yang bermasalah.

Menurut Departemen Kehakiman AS, 12 orang meninggal akibat masalah ini dan General Motors kini menghadapi beberapa penyelidikan.

Selain itu, Honda juga akan mulai me-recall lebih dari 886 ribu minivan Odyssey.

Sedangkan Porsche Ag., akan mengganti semua mesin supercar 911 GT3 setelah dua dari kendaraan yang saat ini beredar, terbakar.

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2014