Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan pelatihan otomotif kepada aparat Direktorat Bea Cukai Kementerian Keuangan.

"Pusat Pelatihan Toyota (Toyota Training Center) akan memberikan tiga pelatihan bagi petugas Bea Cukai. Salah satunya adalah yang dilaksanakan pada 25 Februari 2014 di Toyota Training Center yang berlokasi di Cibitung, Jawa Barat," kata Direktur PT. TAM Samuel Manasseh melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Program pendidikan itu di antaranya meliputi pelatihan Otomotif Dasar dan Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor yang telah dilaksanakan akhir Februari ini.

Toyota mengklaim pelatihan tersebut merupakan upaya pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia yang juga menyasar kalangan eksternal seperti pegawai instansi pemerintah, bukan hanya internal Toyota.

Selain kepada petugas Bea Cukai, Toyota juga menawarkan pelatihan ini kepada Balurjabar TNI AL, Lembaga Pendidikan Polri, Dinas Perhubungan Kota Denpasar, serta Pasukan Pengamanan Presiden.

Dalam pelatihan Otomotif Dasar, materinya melingkupi Garis Besar Komponen Kendaraan, Komponen dan Cara Kerja Mesin Kendaraan, Komponen dan Cara Kerja Drive Train, Komponen & Cara Kerja Brake System, Tipe Steering System, Body Kendaraan, dan Pengenalan Hybrid Technology.

Sementara dalam pelatihan Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor, pelatihan juga akan melingkupi Sertifikasi & Registrasi Kendaraan Bermotor.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014