Jakarta (ANTARA News) - Produk motor besar Ninja yang akan diproduksi dari pabrik baru Kawasaki di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat bakal diekspor ke Jepang setelah mengalami peningkatan spesifikasi mesin.

Varian Ninja yang sebelumnya diproduksi di Thailand akan diproduksi di Indonesia melalui pabrik baru PT. Kawasaki Motor Indonesia di kawasan Industri MM2000 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, kata Menteri Perindustrian MS Hidayat.

"Mereka (Kawasaki) menjanjikan ekspor ke Belanda. Kemudian dari Belanda ke negara-negara Eropa dan Amerika," ujar Hidayat setelah bertemu dengan Presiden Direktur PT KMI Yoshihiro Tanigawa di Jakarta, Selasa.

"Spesifikasinya akan ditingkatkan karena bakal dieskpor ke Jepang," tambah Hidayat.

Ekspor itu diperkirakan baru akan dimulai pada 2015. Pabrik yang sudah dibangun pada pertengahan 2012 itu, sudah beroperasi dan dijadwalkan akan diresmikan oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat, pada 8 April 2014.

Namun, pada 2014 ini, kegiatan dari pabrik itu difokuskan untuk melayani permintaan konsumen dalam negeri terlebih dahulu.

Kawasaki, setelah mempelajari perilaku konsumen Ninja, yakin seluruh produknya bakal terserap pasar domestik, apalagi dengan tren positif industri otomotif pada 2014.

"Mereka bilang pasar produk ini captive-market, konsumen tidak hanya membeli tapi juga menikmatinya," ujar Hidayat.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014