Jakarta (ANTARA News) - Produk terbaru Daihatsu, New Luxio, hadir dengan berbagai dukungan tambahan di eksterior maupun interior, namun belum dilengkapi fitur tambahan di keamanan seperti Airbag dan ABS.

Menurut Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, berdasarkan survei perusahaannya, fitur keamanan Airbag dan ABS belum menjadi alat kelengkapan yang diinginkan konsumen mobil serbaguna bawah (LMPV), khususnya varian semi-bonnet (tanpa moncong).

"Masyarakat masih menganggap fitur keamanan ini bukan yang utama, ini berdasarkan survei. Sebenarnya untuk memasang Airbag dan ABS itu mudah dan kami punya, tapi jika konsumen tidak mau, bagaimana ?," ujar Amelia pada peluncuran New Luxio di Jakarta, Rabu.

Dengan memasang fitur Airbag dan ABS, harga New Luxio akan lebih mahal lagi.

Pada New Luxio, Daihatsu menaikkan harga untuk tipe D manual sebesar Rp200.000  menjadi Rp157,55 juta. Kemudian untuk tipe X, harganya naik Rp4,3 juta menjadi Rp175,7 juta  untuk tipe X (Transmisi Manual)  dan  Rp186,8 juta untuk tipe X (Transmisi Automatic).

Amelia menjelaskan beberapa perubahan dari Luxio ke New Luxio terdapat pada desain eksterior depan, seperti pada desain baru bumper dan gril, sementara pada interior antara lain bangku yang lebih luas dan tebal.

Di interior, Daihatsu memberikan beberapa modifikasi melalui beberapa sentuhan seperti bumper dan gril depan, kemudian sisi mobil yang dilengkapi ornamen chrome, fitur fleksibilitas untuk lampu (turn lamp) dan alloy wheel untuk kedua tipe D dan X.

Kemudian, di bagian dalam mobil bertenaga 1500 cc dan ditopang mesin 3SZ-VE DOHC VVT-I itu, Daihatsu memberikan beberapa sentuhan baru pada dashboard melalui warna baru seperti abu-abu dan hitam yang dilakukan untuk memberi kesan elegan.

Bangku penumpang di New Luxio diklaim lebih lebar dan tebal dengan tambahan satu sentuhan untuk melipat bangku kedua guna memudahkan akses ke baris bangku ketiga.
Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014