Jakarta (ANTARA News) - Debu erupsi vulkanik seperti dari Gunung Kelud maupun Gunung Sinabung dapat mempengaruhi sepeda motor.

Yamaha Indonesia, dalam siaran persnya mengemukakan desain filter udara sepeda motor mereka  bebas perawatan sehingga tangguh bahkan untuk daerah yang terkena erupsi :

Yamaha juga memberikan tips kepada pengguna sepeda motor di daerah-daerah yang kena hujan abu vulkanik yaitu :

  •  Sebelum motor dihidupkan pastikan motor dicuci bersih
  •  Perhatian cukup ke filter udara dan komponen CVT (Continuously Variable Transmission) untuk matik.
  •  Perhatikan juga rantai roda motor agar dalam kondisi baik.
  •  Filter udara motor Yamaha tidak perlu disemprotkan sampai kilometer 14.000 kelipatan atau satu tahun sekali ganti.

Sementara itu sebagai aksi solidaritas terhadap korban bencana Gunung Kelud, Yamaha DDS Madiun dan YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia) Jatim 2 yang turun melaksanakan bakti sosial.

Lokasi baksos Yamaha Peduli Kelud dipusatkan di 5 Kecamatan di Kabupaten Kediri yaitu Kecamatan Ploso Klaten, Kecamatan Puncu, Kecamatan Ngancar, Kecamatan Pare dan Kecamatan Sidomulyo. Di satu kecamatan itu ada sekitar 10 titik pengungsian yang dibantu Yamaha.

Tiga mobil karavan dikerahkan untuk mengantarkan bantuan. Di dalamnya telah disiapkan berbagai kebutuhan utama seperti beras, minyak goreng, mie instan, obat-obatan dan sebagainya. Selain itu juga didirikan posko di diler Timbul Jaya Central Kediri.

"Yamaha bersama komunitas resminya YRFI sebagai kepanjangan tangan dan keluarga besar pengguna sepeda motor Yamaha, turun membantu,” kata Eko Prabowo, GM Promotion & Community Development Yamaha Indonesia.

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014