Jakarta (ANTARA News) - Toyota akan mulai menguji verifikasi untuk sistem pengisian baterai kendaraan secara nirkabel di Jepang akhir bulan ini.

Menurut laman Inautonews, sistem baru yang dikembangkan ini ditujukan untuk semua kendaraan dengan powertrain listrik, seperti kendaraan plug-in hybrid dan kendaraan listrik.

Penggunaannya dengan mamarkir mobil dalam posisi di atas kumparan yang ada di permukaan tanah.

Sistem ini menggunakan teknologi magnetik resonansi, yang mengalirkan listrik melalui resonansi magnetik yang dihasilkan dari perubahan intensitas medan magnet antara kumparan yang diletakkan di atas tanah dengan yang terpasang di kendaraan.

Dengan tujuan akhir memulai komersialisasi, sistem ini juga dikembangkan untuk mempromosikan mobilitas ramah lingkungan, dengan penggunaan kendaraan listrik yang akan menjadi lebih sederhana melalui pembuatan proses pengisian yang lebih nyaman.

Tiga plug-in hybrid dalam uji coba itu akan diberikan ke rumah-rumah di Perfektur Aichi dan proses pengujian akan mengumpulkan informasi tentang kepuasan pengguna, kemudahan, tingkat kesalahan, dan perilaku pengisian.
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2014